4 Pilihan Formasi Real Madrid Bersama Alaba

CNN Indonesia | Rabu, 21/04/2021 18:31 WIB
Berikut empat opsi formasi Real Madrid jika David Alaba bergabung dengan status bebas transfer pada awal musim depan. David Alaba dikabarkan selangkah lagi gabung Real Madrid. (AFP/RONNY HARTMANN)
Jakarta, CNN Indonesia --

David Alaba dikabarkan tinggal selangkah lagi bergabung dengan Real Madrid. Pemain Bayern Munchen itu akan datang secara gratis karena kontraknya habis pada akhir musim ini.

Kedatangan Alaba akan membuat skuad Madrid semakin kompetitif. Hal ini lantaran pemain timnas Austria itu punya kemampuan di atas rata-rata sebagai sosok bintang di Bayern.

Alaba juga termasuk pemain serba bisa. Ia mengawali karier sebagai gelandang tengah tetapi beberapa tahun terakhir sukses bertransformasi sebagai bek tengah bersama Die Roten.


Alaba akan memperkaya pilihan taktik pelatih Zinedine Zidane. Zizou bakal lebih mudah meracik taktik yang tepat bersama Alaba bergantung pada karakter lawan-lawan yang dihadapi.

Berikut empat opsi formasi Madrid jika Alaba bergabung pada awal musim depan: 

Real Madrid's Spanish defender Sergio Ramos celebrates after scoring during the Spanish league football match Real Madrid CF againsrt Getafe CF at the Alfredo di Stefano stadium in Valdebebas, on the outskirts of Madrid, on July 2, 2020. (Photo by GABRIEL BOUYS / AFP)Sergio Ramos belum memutuskan masa depannya di Real Madrid. (AFP/GABRIEL BOUYS)

4-3-3

Alaba bisa menempati posisi bek tengah kiri yang biasa ditempati Sergio Ramos. Posisi itu mungkin ditempati Alaba karena Ramos sampai dengan saat ini belum memperpanjang masa baktinya bersama Los Merengues.

Alaba juga memiliki kemiripan dengan Ramos sebagai seorang ball playing defender. Alaba bukan hanya kuat dalam bertahan tetapi juga berani menguasai bola di pertahanan dan punya akurasi umpan jauh yang bagus.

Alaba akan berduet dengan Raphael Varane di jantung pertahanan. Jika akhirnya Ramos memilih bertahan maka hal ini menguntungkan Zidane dalam melakukan rotasi pemain di posisi bek tengah.

4-2-3-1

Casemiro selama ini selalu jadi andalan Zidane untuk mengisi posisi gelandang bertahan. Performa pemain asal Brasil itu juga memuaskan.

Alaba sebagai pemain serbabisa juga bisa mengisi posisi ini. Bahkan, ia bisa berduet dengan Casemiro jika Zidane ingin bermain dengan double pivot di depan lini belakang.

Duet Casemiro dan Alaba akan membuat lini tengah Madrid lebih tebal karena diisi dua gelandang bertahan yang agresif. Keuntungannya tiga pemain di depan plus penyerang bisa lebih fokus mengkreasi peluang dan menciptakan gol.

4-1-2-3

Bermain sebagai gelandang sebenarnya merupakan posisi alamiah Alaba di awal kariernya. Ia menempati posisi tersebut sebelum berpindah jadi bek sayap kiri dan kini diplot sebagai bek tengah.

Banner Video Highlights MotoGP 2021

Oleh karena itu, bermain sebagai gelandang tengah tidak akan sulit buat Alaba. Saat melawan PSG di Liga Champions, Alaba juga memperlihatkan kecakapannya memerankan posisi ini.

Alaba bisa menjadi pilihan untuk jadi tandem Toni Kroos mengingat usia Luka Modric yang semakin uzur. Alaba bisa jadi pesaing Federico Valverde andai Zidane ingin memainkan sang pemain sebagai gelandang tengah.

3-4-1-2

Kedatangan Alaba dan bertahannya Ramos akan membuat Madrid jadi tim dengan lini belakang terbaik di dunia. Hal itu juga berarti Zidane bisa bereksperimen memakai formasi tiga bek mengandalkan Alaba, Ramos, Varane.

Formasi tiga bek di pertahanan bukan favorit Zidane. Namun, formasi ini bisa jadi opsi saat menghadapi tim-tim tertentu dalam sebuah pertandingan.

Dengan trio di Alaba, Ramos, dan Varane maka pertahanan Madrid akan sulit ditembus oleh tim-tim lain. Kehadiran ketiga pemain ini juga mungkin akan membuat kiper Thibaut Courtois lebih ringan dalam menjaga gawang dari kebobolan.

[Gambas:Video CNN]

(jal/ptr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK