Strategi Aneh Persija Berbuah Manis di Final Piala Menpora

jun, CNN Indonesia | Kamis, 22/04/2021 23:02 WIB
Strategi aneh Persija Jakarta saat melawan Persib Bandung berbuah manis pada laga leg pertama final Piala Menpora 2021, Kamis (22/4). Persija Jakarta menang 2-0 atas Persib Bandung di leg pertama final Piala Menpora 2021. (Foto: Dok. Persija Jakarta)
Jakarta, CNN Indonesia --

Strategi aneh Persija Jakarta saat melawan Persib Bandung berbuah manis pada laga leg pertama final Piala Menpora 2021, Kamis (22/4). Macan Kemayoran menang 2-0 di Stadion Maguwoharjo.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadio Maguwoharjo, Sleman tersebut Persija unggul 2-0 lewat dua pemain yang tak diperhitungkan saat laga belum berlangsung 10 menit.

Dalam susunan pemain 11 pemain inti, pelatih Persija Sudirman tak memasukkan nama Otavio Dutra, Yan Motta, dan Marco Simic. Sebagai gantinya, pelatih yang biasa disapa Jenderal ini memasang Maman Abdurrahman, Braif Fatari, dan Taufiiq Hidayat.


Ini keputusan aneh, sebab Maman tak pernah main dalam enam pertandingan sebelumnya. Begitu pula dengan Taufiq Hidayat. Hanya Braif yang sebelumnya sudah merasakan menit main, yakni tampil dalam dua laga.

Tak dinyana, keberanian Sudirman itu berbuah manis. Belum juga pertandingan berlangsung satu menit, Persija sudah mencetak gol. Tepatnya pada detik ke-38, Braif membuat I Made Wirawan, kiper Persib, terpaksa memungut bola dari gawangnya.

Enam menit berselang, tepatnya menit ke-7, giliran Taufik membukukan namanya di papan skor. Berawal dari tusukan Oscaldo Haay dan Riko Simanjuntak di sisi kiri, Taufik memanfaatkan umpan silang dengan dingin. Saat itu Taufiq sama sekali tak terkawal.

Sejatinya, bukan kali ini saja Sudirman memasang susunan pemain yang mengejutkan. Saat melawan Borneo FC contohnya, Sudirman memasang Alfriyanto Nico sebagai bek sayap kanan. Padahal, pada laga pertama pemauda berusia 18 tahun ini tampil sebagai penyerang sayap.

Selanjutnya, pada pertandingan ketiga melawan Bhayangkara Solo FC, Sudirman memasang Rohit Chand Takuri sebagai bek tengah, tidak di posisi idealnya sebagai gelandang bertahan.

Begitu juga dengan Novri Setiawan, direposisi dari bek kiri ke bek kanan. Namun, soal Novri ini sudah lumrah karena sudah dari musim-musim sebelumnya pindah-pindah posisi dari bek sayap, gelandang, hingga winger.

Banner Video Highlights MotoGP 2021

Sepanjang 90 menit pertandingan, termasuk dua kali injury time lebih dari lima menit, Persib tak bisa menyamakan kedudukan. Perubahan yang dilakukan Robert Rene Alberts, pelatih Persib, tak mampu mengubah kedudukan.

Selanjutnya, leg kedua final Piala Menpora 2021 akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo pada Minggu (25/4). Dalam laga ini Persib akan bertindak sebagai tuan rumah dan harus menang dengan selisih di atas dua gol jika ingin memastikan gelar.

[Gambas:Video CNN]

(abd/jun)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK