Suporter Persija Konvoi, Polisi Bakal Panggil Ketua Jakmania

CNN Indonesia | Senin, 26/04/2021 20:20 WIB
Polda Metro Jaya berencana memanggil Ketua Jakmania Diky Soemarno sebagai buntut perayaan suporter Persija Jakarta di sekitar Bundaran HI. Ketua Jakmania Diky Soemarno bakal dipanggil Polda Metro Jaya. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Polda Metro Jaya berencana memanggil Ketua Jakmania Diky Soemarno sebagai buntut perayaan suporter Persija Jakarta di sekitar Bundaran HI, Jakarta Pusat.

Pendukung klub ibu kota itu merayakan kemenangan timnya, Persija usai menjuarai turnamen pramusim Piala Menpora 2021 dengan mengalahkan Persib Bandung 2-1 (4-1) di Stadion Manahan Solo, Minggu (25/4) malam.

"Ketua Jakmania akan kami panggil untuk kita klarifikasi untuk mempertanggungjawabkan hal ini," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Senin (26/4).


Selain Ketua Jakmania, Yusri menyebut penyidik juga berpeluang memanggil pihak manajemen Persija untuk dimintai keterangan.

"Dari pengurus manajemen Persija akan kami panggil, akan kami undang di sini, untuk menjelaskan kepada penyidik sampai terjadi adanya kerumunan seperti semalam," tutur Yusri.

Lebih lanjut, Yusri mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menghindari kerumunan massa demi mencegah penularan virus corona atau Covid-19.

Suporter Persija menyalakan flare saat merayakan kemenangan Persija Jakarta pada laga final Piala Menpora 2021 di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (26/4/2021). Suporter Persija The Jakmania berkonvoi memadati Bundaran HI merayakan kemenangan Persija Jakarta menjadi juara Piala Menpora 2021 usai mengalahkan Persib Bandung di Stadion Manahan Solo dengan agregrat 4-1. ANTARA FOTO/Ahmad Tri Hawaari/wpa/rwa.Suporter Persija berselebrasi usai Macan Kemayoran juara Piala Menpora 2021. (ANTARA FOTO/Ahmad Tri Hawaari)

"Setop! Jangan lagi seperti semalam, karena penyebaran ini bisa jadi klaster-klaster Covid-19," ucap Yusri.

Sebelumnya, sebanyak 65 orang pendukung Persija diamankan pihak kepolisian karena melakukan konvoi atas kemenangan timnya di Piala Menpora 2021.

[Gambas:Video CNN]

Mereka diamankan untuk dimintai keterangan terkait apakah ada ajakan untuk melakukan konvoi kemenangan tersebut. Namun, sejauh ini belum ditemukan ada unsur ajakan tersebut dan puluhan suporter itu pun telah dipulangkan secara bertahap.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

"Dari pemeriksaan sampai pagi tadi belum ditemukan adanya ajakan tersebut, mereka spontanitas dengan kemenangan Persija. Mereka berkumpul karena dirasa bundaran HI itu ikon Persija, setiap Persija menang akan berkumpul di sana," kata Yusri.

(dis/jun)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK