Petisi Tolak Olimpiade Tokyo Tembus 230 Ribu Dukungan

CNN Indonesia | Jumat, 07/05/2021 19:22 WIB
Petisi online menolak perhelatan Olimpiade Tokyo 2020 mendapat dukungan lebih dari 230 ribu orang hanya dalam dua hari. Olimpiade Tokyo terus mendapat tentangan. (AP/Eugene Hoshiko)
Jakarta, CNN Indonesia --

Petisi online menolak perhelatan Olimpiade Tokyo 2020 mendapat dukungan lebih dari 230 ribu orang hanya dalam dua hari.

Kurang dari tiga bulan Olimpiade Tokyo dimulai, keselamatan menggelar ajang multi-cabang terbesar di dunia itu hingga kini masih dipertanyakan.

Jepang sudah mulai melakukan test event dalam beberapa pekan terakhir, dan pihak Komite Penyelenggara Olimpide Tokyo (TOGOC) mengklaim test event berjalan dengan lancar.


Meski klaim dari pihak panitia dan pemerintah Jepang, penolakan terhadap Olimpiade Tokyo terus berlangsung. Terbaru pengacara asal Jepang, Kenji Utsunomiya, memulai petisi penolakan Olimpiade Tokyo.

Dikutip dari Reuters, hanya dalam dua hari hari petisi dimulai, sudah ada lebih dari 230 ribu orang yang menandatangani petisi melalui change.org tersebut.

"Kami menyerukan pencegahan penyebaran virus corona dan perlindungan kehidupan serta mata pencaharian dengan menggunakan sumber daya yang tersedia untuk menghentikan Olimpiade," tulis Utsunomiya dalam petisinya.

Banner Video Highlights MotoGP 2021

Jepang menghadapi gelombang keempat pandemi dan sedang berjuang dengan tingkat vaksinasi yang lambat. Penduduk di Tokyo juga skeptis terhadap Olimpiade. Mereka khawatir dengan orang asing yang masuk Jepang.

Pemerintah Jepang akan memperpanjang kondisi darurat pandemi di Tokyo dan tiga wilayah lain hingga akhir Mei. Jajak pendapat di Jepang menunjukkan mayoritas masyarakat menentang Olimpiade Tokyo.

Tetapi TOGOC berulang kali mengatakan Olimpiade akan dilanjutkan. TOGOC mengaku telah mempersiapkan protokol Covid-19 yang terperinci untuk atlet dan ofisial.

[Gambas:Video CNN]

(REUTERS/har)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK