7 Fakta Menarik Usai Man City Juara Liga Inggris

jun, CNN Indonesia | Rabu, 12/05/2021 08:30 WIB
Sebanyak tujuh fakta fakta menarik tersaji usai Manchester City resmi jadi juara Liga Inggris 2020/2021. Manchester City resmi juara Liga Inggris. (AP/Federico Gambarini)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak tujuh fakta fakta menarik tersaji usai Manchester City resmi jadi juara Liga Inggris 2020/2021.

Man City resmi menyandang jawara Premier League setelah rival terdekat mereka, Manchester United, kalah 1-2 dari Leicester City di Stadion Old Trafford, Rabu (12/5) dini hari WIB.

Kekalahan Man United dari Leicester memberikan jalan bagi The Citizens menjuarai Liga Inggris musim ini. Man City juara karena MU dipastikan tidak bisa lagi mengejar poin rival sekotanya itu.


Berikut fakta menarik usai Man City juara yang dirangkum dari Opta:

1. Manchester City telah mengoleksi lima gelar Premier League. Namun, masih kalah jauh dari rival mereka Manchester United yang meraih 13 gelar di era Premier League. Man United masih jadi tim dengan koleksi gelar terbanyak dalam sejarah kompetisi ini.

2. Secara keseluruhan, ini merupakan gelar ketujuh Man City. Mereka pernah menjuarai Liga Inggris pada musim 1936/1937 dan 1967/1968, sebelum Premier League dibentuk. Koleksi gelar The Citizens sejajar dengan Aston Villa, namun masih di bawah Man Utd, Liverpool, Arsenal, dan Everton.

3. Man City jadi tim ketiga di Premier League yang sukses mengunci gelar juara setelah tertinggal delapan poin dari pemuncak klasemen sejak Natal. Dua tim lain yang sukses melakukan hal serupa adalah Man Utd dan Arsenal.

4. Skuad arahan Pep Guardiola jadi tim pertama dalam sejarah Premier League yang sukses menyabet gelar juara meski sempat berada di peringkat ke-8 dalam daftar klasemen sementara saat Natal.

5. Pep Guardiola sukses memenangi tiga gelar Liga Inggris selama lima musim menangani Man City. Prestasi tersebut membuat Guardiola jadi pelatih pertama yang berhasil menjuarai tiga gelar Liga Inggris dari lima musim pertamanya menangani tim papan atas sejak Kenny Dalglish berhasil melakukannya pada musim 1985/1986, 1987/1988, dan 1989/1990.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

6. Guardiola kini telah memenangkan sembilan gelar liga domestik dari total 12 musim kariernya sebagai pelatih di kompetisi tertinggi.

7. Guardiola kini menjadi pelatih Spanyol yang sukses mengoleksi sembilan gelar liga domestik di tiga kompetisi berbeda, masing-masing bersama Barcelona, Bayern Munchen, dan Man City.

[Gambas:Video CNN]

(jun)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK