Momen Lionel Messi Batal Melawan Israel

CNN Indonesia | Selasa, 18/05/2021 13:23 WIB
Megabintang Barcelona Lionel Messi batal tampil di Israel dalam pertandingan uji coba Israel vs Argentina jelang Piala Dunia 2018. Lionel Messi dan Argentina sempat menghadapi Uruguay di Israel. (AP Photo/Ariel Schalit)
Jakarta, CNN Indonesia --

Megabintang Barcelona Lionel Messi batal tampil di Israel dalam pertandingan uji coba Argentina vs Israel jelang Piala Dunia 2018 di Rusia.

Rencananya, setelah beruji coba dengan Israel, timnas Argentina akan langsung bertolak ke Rusia guna tampil di ajang empat tahunan tersebut.

Laga persahabatan itu awalnya digelar stadion di Haifa, namun akhirnya dipindah ke Yerusalem Barat yang dulunya sebuah perkampungan Arab, yang membuat warga Palestina marah.


Pertandingan itu dianggap berbau politik karena Israel baru saja mendapat dukungan dari Amerika Serikat yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota baru Israel.

Dikutip dari The National, timnas Argentina bersedia tampil di Israel lantaran menerima bayaran US$3 juta dari Federasi Sepak Bola Israel.

Akan tetapi, pecinta sepak bola Palestina yang banyak mendukung Messi dan klubnya Barcelona meminta kepada La Pulga membatalkan pertandingan melawan Israel itu.

Salah satu desakan Messi dan Argentina tidak datang ke Israel datang dari Mohammed Khalil, pemain muda Palestina yang kedua lututnya ditembak tentara Israel.

Argentina's national soccer player Lionel Messi, bottom left, during a training session in Madrid, Spain, Monday, March 18, 2019. Argentina will play a friendly soccer match against Venezuela on Friday.(AP Photo/Bernat Armangue)Lionel Messi dan timnas Argentina batal menggelar uji coba melawan Israel. (AP Photo/Bernat Armangue)

"Saya mendesak tim Argentina untuk mendukung solidaritas bersama kami dan memboikot pertandingan melawan Israel yang menduduki tanah kami," kata Khalil kepada The National.

Di tengah perdebatan tersebut, muncul hoaks yang menyebut Messi menolak bertanding melawan Israel sebagai dukungan kepada Palestina dan sebagai duta UNICEF. Hanya saja, rumor itu tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Banner Video Highlights MotoGP 2021

Selain dari warga Palestina, Asosiasi Sepak Bola Palestina juga berulang kali meminta Tim Tango tidak datang ke Israel. Permohonan pembatalan itu akhirnya terkabulkan, Argentina gagal beruji coba dengan Israel jelang Piala Dunia 2018.

Meski demikian, rencana Argentina ke Israel tidak sepenuhnya batal. Karena, setahun kemudian Argentina tetap melakoni laga persahabatan di Israel, namun melawan Uruguay.

Dalam ancaman serangan roket dari Jalur Gaza, pertandingan Argentina vs Uruguay tetap berlangsung di Tel Aviv. Laga yang digelar itu berakhir imbang 2-2.

[Gambas:Video CNN]

(sry/jal)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK