Thailand vs Indonesia: Shin Tae Yong Unggul Atas Nishino

CNN Indonesia | Selasa, 01/06/2021 06:57 WIB
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong unggul atas Akira Nishino menjelang laga Indonesia vs Thailand dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022. Shin Tae Yong unggul atas pelatih Thailand Akira Nishino. (Foto: CNN Indonesia/Abdul Susila)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong unggul atas Akira Nishino menjelang laga Thailand vs Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, Kamis (3/6).

Keunggulan itu tercipta saat Shin menjadi pelatih Seongnam Ilhwa Chunma. Tepatnya pada 11 Mei 2010, Seongnam bentrok dengan Gamba Osaka yang dilatih Nishino, dalam ajang Liga Champions Asia 2010.

Dalam pertandingan babak 16 besar yang berlangsung di Tancheon Sports Complex, Seongnam tersebut, tim asuhan Shin unggul 3-0. Ketiga gol Seongnam dicetak Mauricio Molina (dua gol) dan Song Ho Young.


Inilah satu-satunya rapor pertemuan Shin dengan Nishino. Sebagai pemain mereka tak pernah berhadapan karena beda era. Nishino gantung sepatu pada 1990, sedangkan Shin baru memulai debut profesional pada 1992.

Saat sama-sama melatih tim nasional pada 2018, Shin menangani Korea Selatan dan Nishino mengarsiteki Jepang, juga tak berjumpa. Namun, pencapaian Nishino di Piala Dunia 2018 lebih baik dari Shin.

[Gambas:Video CNN]

Jepang yang ditangani Nishino melaju ke babak 16 besar setelah menjadi runner-up Grup H, sedangkan Korea Selatan yang diampu Shin tak lolos babak grup. Pencapaian terbaik Shin hanya mengalahkan Jerman, skor 2-0.

Dengan kata lain, bentrok Indonesia vs Thailand dalam laga Grup G, jadi pertemuan kedua Shin dan Nishino. Kualitas keduanya sebagai veteran pelatih Piala Dunia 2018 akan diuji dalam pertandingan ini.

Masalahnya, rekor pertemuan Indonesia vs Thailand berpihak ke Nishino. Dalam satu dekade terakhir Indonesia dan Thailand bentrok 6 kali. Dari laga tersebut Indonesia hanya sekali meraih kemenangan dan sisanya kalah.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Sudah begitu, rapor Thailand menjelang laga ini juga sedikit lebih baik. Dari tiga pertandingan uji coba, melawan Oman (25/5), Tajikistan (29/5), dan Uzbekistan (30/5), Thailand sekali imbang dan dua kali kalah.

Adapun Indonesia, meraih dua kekalahan dalam dua laga uji coba. Indonesia menyerah 2-3 dari Afghanistan (25/5) dan takluk 1-3 melawan Oman (29/5).

(abd/rhr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK