WAWANCARA

Derrick Michael: Ingin Jadi Pemain Indonesia Pertama di NBA

CNN Indonesia
Sabtu, 12 Jun 2021 18:20 WIB
Derrick Michael Xzavierro punya mimpi besar untuk bisa jadi pemain Indonesia pertama yang berlaga di NBA. Derrick Michael ingin jadi pemain Indonesia pertama di NBA (Foto: dok. NBA Academy)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pebasket muda Indonesia, Derrick Michael Xzavierro saat ini sedang menjalani program pelatih basket NBA Global Academy 2021 di Basketball Australia Center of Excellence di Institut Olahraga Australia (AIS), Canberra.

Pemain berdarah Kamerun-Indonesia ini merupakan kandidat pertama dari Indonesia yang mengikuti program NBA Academy. Karenanya Derrick tak ingin menyia-nyiakan kesempatan berharga. Ia pun ingin menjadi orang Indonesia pertama yang main di NBA (Amerika).

"Aku selalu menulis di diari apa yang disampaikan pelatih," ucap Derrick mengenai caranya meningkatkan diri, dalam wawancara virtual dengan CNN Indonesia.


Bagaimanakah kisah pemain berusia 18 tahun ini selama di Canberra? Bagaimana pula kisah perjalanan pemain setinggi 203 centimeter mengejar kariernya? Berikut petikan wawancaranya:

Bagaimana ceritanya hingga masuk NBA Academy 2021?

Awalnya saat aku tampil ddi FIBA Asia Cup pada 2020. Sebelum itu aku juga sudah mengikuti program Junior NBA pada 2017.

Sejauh ini bagaimana adaptasi di Canberra?

Lumayan enak kehidupan di sini. Karena jauh dari indonesia aku harus mulai beradaptasi. Perbedaannya di sini latihan di udara dingin. Ini jauh lebih berat. Sejauh ini aku sudah bisa beradaptasi dengan situasi di sini.

Sebelum masuk Ragunan, bagaimana kisah basket Derrick dari kecil?

Sebelum masuk Ragunan sungguh banyak tantangannya. Bener-benar banyak tantangan yang tidak mudah. Banyak kegagalan yang aku alami dari sebelum masuk Ragunan.

Bahkan sebelumnya aku sempat tidak bisa diterima di Ragunan. Aku pernah sampai pada titik ingin berhenti saja. Saat masih kecil aku itu hampir tak pernah masuk seleksi-seleksi manapun. Tidak bisa ikut kompetisi. Tinggi badan tak menjamin bisa lolos seleksi.

Apa motivasinya sehingga tetap bertahan?

Mama yang menyemangati aku. Mama bilang, 'Mau apa sekarang?' Mama yang selalu dukung aku untuk meneruskan karier basket. Mama bilang, 'Mau cari apa lagi?' Basket ini kan sebenarnya zona nyaman aku. Jadi ya terus berjuang tanpa henti. Mama menguatkan aku.

GIF Banner Promo Testimoni

Target dalam satu-dua tahun ke depan seperti apa?

Aku mau membuat Indonesia bangga. Target aku ke depan mau bawa Indonesia berprestasi di tingkat internasional. Kalau di timnas [basket Indonesia] ini kan hitungannya aku belum memberi apapun ke timnas. Aku mau kasih sesuatu ke timnas. Aku juga mau jadi orang Indonesia pertama yang tampil di NBA.

Kisah kamu berjuang masuk NBA ini kan viral. Apakah jadi beban?

Terbebani sih, enggak. Terkadang, bukan menjadi beban tapi malah menjadi motivasi. Aku lihat orang-orang tanya, Derrick main di NBA, main di klub mana? Orang-orang ini berani mendukung walau sebenarnya tidak begitu tahu. Orang-orang bukan menghujat malah mendukung. Ini yang membuat aku termotivasi.

[Gambas:Video CNN]



Pernah Takut Dipalak Meski Bertubuh Besar

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER