MotoGP Catalunya: Quartararo Dihukum Efek Baju Balap Terbuka

CNN Indonesia | Senin, 07/06/2021 01:55 WIB
Pembalap Yamaha, Fabio Quartararo dijatuhi hukuman penalti tiga detik usai insiden baju balap terbuka di MotoGP Catalunya. Fabio Quartararo dapat hukuman tambahan usai insiden baju balap terbuka di MotoGP Catalunya. (Dorna Sports)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pembalap Yamaha, Fabio Quartararo dijatuhi hukuman penalti tiga detik usai insiden baju balap terbuka di MotoGP Catalunya, Minggu (6/6).

Dilansir dari laman resmi MotoGP, Quartararo dihukum karena tidak mengenakan baju balap secara benar dan tak memakai pelindung dada saat balapan. Momen itu terjadi hanya beberapa lap jelang balapan MotoGP Catalunya berakhir.

"Karena berkendara tanpa baju balap yang dipakai dengan benar dan tanpa pelindung dada yang diperlukan, pimpinan klasemen Fabio Quartararo dikenai penalti tiga detik yang berlaku pada hasil balapan di MotoGP Catalunya," bunyi pernyataan resmi.


Hukuman penalti tiga detik ini membuat posisi Quartararo kembali melorot di MotoGP Catalunya. El Diablo harus rela turun dari posisi empat ke posisi enam dalam balapan di MotoGP Catalunya.

Sebelumnya, Quartararo sudah lebih dulu dijatuhi hukuman penalti tiga detik oleh FIM MotoGP Stewards. Penalti itu dijatuhkan karena pembalap berusia 22 itu memotong jalur di tikungan satu dan dua ketika balapan memasuki lap ke-23.

Quartararo melebar saat berusaha menyalip Johann Zarco yang menempati posisi kedua. Namun, ia kembali masuk ke trek dengan masih berada di depan Jack Miller yang tepat berada di belakangnya.

Manuver Quartararo dianggap FIM MotoGP Stewards menguntungkan Quartararo karena pembalap asal Prancis itu tetap berada di depan Miller. Alhasil, Quartararo kena hukuman yang membuatnya gagal naik podium.

Beberapa jam berselang, Quartararo dijatuhi hukuman tambahan. Kali ini insiden baju balap terbuka yang membuat mantan pembalap Petronas Yamaha itu kembali kena penalti tiga detik.

Momen itu terjadi saat Quartararo tengah bersaing memperebutkan podium di MotoGP Catalunya. Di lap ke-22, El Diablo sampai harus membuka ritsleting dan membuang pelindung dada.

Dalam kondisi baju balap yang tidak ideal, Quartararo tetap memacu motor dengan kecepatan tinggi. Seusai balapan, Quartararo juga mengaku bingung dengan yang terjadi pada baju balapnya.

"Saya tidak tahu apa yang terjadi. Satu-satunya hal yang saya tahu yaitu saya tahu baju balap saya terbuka lima lap jelang balapan usai. Saya coba menutupnya tetapi tidak bisa sampai akhirnya bisa melakukannya pada akhir balapan," ucapnya.

Penalti tambahan di MotoGP Catalunya jelas merugikan buat Quartararo. Dengan finis keenam, Quartararo kini hanya unggul 14 poin atas Johann Zarco dalam persaingan memperebutkan gelar juara dunia MotoGP 2021.

Balapan MotoGP 2021 berikutnya adalah MotoGP Jerman. Live streaming MotoGP Jerman bisa disaksikan lewat siaran langsung di Trans7 dan live streaming di CNNIndonesia.com.

(jal/jal)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK