Simon Kjaer, Kapten Denmark Penyelamat Nyawa Eriksen

ptr, CNN Indonesia | Minggu, 13/06/2021 08:27 WIB
Simon Kjaer mendapatkan pujian karena aksinya yang tanggap menyelamatkan nyawa Christian Eriksen di Euro 2020 (Euro 2021). Simon Kjaer punya peran besar dalam situasi darurat saat Christian Eriksen pingsan. (Pool via REUTERS/JONATHAN NACKSTRAND)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kapten timnas Denmark Simon Kjaer dipuji karena aksinya saat insiden mengerikan yang menimpa Christian Eriksen pada laga Finlandia vs Denmark di Euro 2020 (Euro 2021), Sabtu (12/6) malam waktu Indonesia.

Kjaer bertindak sigap sesaat setelah Eriksen kolaps di tengah lapangan jelang babak pertama usai. Pemain AC Milan itu langsung menghampiri Eriksen untuk memberikan pertolongan.

Kjaer jadi orang pertama yang memeriksa keadaan Eriksen. Dilansir dari Sport Bible, Kjaer melakukan tindakan pencegahan dengan memastikan kompatriotnya itu tidak menelan lidahnya sendiri.


Pertolongan ini diberikan agar Eriksen bisa tetap bernapas sampai mendapatkan bantuan dari tim medis. Kjaer juga memberikan bantuan CPR atau tindakan pertolongan pertama pada orang yang mengalami henti napas.

Tak lama berselang, tim medis yang ada di pertandingan memberikan pertolongan yang lebih memadai untuk gelandang Inter Milan itu. Eriksen pun dikabarkan sudah sadarkan diri saat dibawa oleh tim medis dari Stadion Parken, Kopenhagen ke rumah sakit.

Soccer Football - Euro 2020 - Group B - Denmark v Finland - Parken Stadium, Copenhagen, Denmark - June 12, 2021 Denmark's Christian Eriksen receives medical attention after collapsing during the match Pool via REUTERS/Friedemann VogelSimon Kjaer bereaksi tanggap saat Christian Eriksen pingsan di lapangan. (Pool via REUTERS/FRIEDEMANN VOGEL)

Aksi Kjaer tak sampai disitu. Pemain berusia 32 itu juga menginstruksikan rekan-rekan setimnya membentuk pagar untuk melindungi tim medis yang tengah menolong Eriksen.

Perintah ini dilakukan Kjaer agar kamera tidak bisa menyorot Eriksen yang sedang terkulai lemas di tengah lapangan. Para pemain Denmark pun membentuk pagar dan beberapa melakukannya sambil menangis karena tak kuasa menahan sedih melihat kondisi Eriksen.

Kjaer pula yang menghibur kekasih Eriksen, Sabrina Kvist Jansen yang ikut turun ke lapangan melihat langsung kondisi mantan pemain Ajax Amsterdam itu. Kjaer bersama kiper Kasper Schmeichel coba menguatkan Sabrina.

Banner Euro 2020

Pertandingan Finlandia vs Denmark sendiri sempat ditunda karena insiden nahas yang menimpa Eriksen. Saat pertandingan dilanjutkan, Finlandia muncul sebagai pemenang dengan skor 1-0 atas Denmark.

[Gambas:Video CNN]



(jal/ptr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK