Copa America 2021: 8 Pemain Venezuela Positif Covid-19

CNN Indonesia | Minggu, 13/06/2021 13:50 WIB
Delapan pemain Venezuela diketahui positif Covid-19 hanya satu hari sebelum melawan Brasil pada laga pembuka Copa America 2021. Timnas Venezuela diterpa badai kasus positif covid-19 jelang duel lawan Brasil. (Pool via REUTERS/MANAURE QUINTERO)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak delapan pemain Venezuela diketahui positif Covid-19 hanya satu hari sebelum melawan Brasil pada laga pembuka Copa America 2021, Senin (14/6) dini hari WIB.

Dilansir dari The West Australian, 8 pemain itu termasuk dalam 11 orang dari tim Venezuela yang dinyatakan positif Covid-19. Tiga orang lainnya adalah staf tim.

Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) telah memberitahu otoritas kesehatan setempat terkait kabar ini. Laga Brasil vs Venezuela direncanakan berlangsung di Stadion Nacional de Brasilia pada Senin pukul 04.00 WIB.


"Semua [perwakilan Venezuela yang positif Covid-19] tidak menunjukkan gejala, mereka diisolasi di kamar masing-masing dan dipantau oleh tim dari CONMEBOL dan pihak kesehatan setempat," bunyi pernyataan CONMEBOL.

Uniknya terdapat perbedaan versi terkait jumlah kasus positif Covid-19 di skuad Venezuela. CONMEBOL menyatakan ada 13 perwakilan tim yang positif Covid-19, otoritas kesehatan Brasil meneyebutkan ada 12 kasus, sementara pihak Venezuela mengatakan hanya ada 11 kasus.

Terlepas dari perbedaan jumlah itu, Venezuela memastikan akan memanggil pemain baru untuk menggantikan posisi pemain yang dinyatakan positif Covid-19. Dengan pemanggilan para pemain baru ini maka pertandingan melawan Brasil akan tetap berjalan sesuai dengan rencana.

Banner Euro 2020

Selain Venezuela, kasus positif Covid-19 juga muncul di tim Bolivia. Sebanyak tiga pemain dan satu staf dinyatakan positif virus corona.

Bolivia akan memulai laga perdana di Copa America 2020 menghadapi Paraguay, Selasa (15/6) pagi WIB. Bolivia tergabung di Grup B bersama Paraguay, Uruguay, Argentina, dan Chile.

Ancaman kasus Covid-19 memang jadi persoalan tersendiri yang dihadapi dalam penyelenggaraan Copa America 2020. Sebelumnya, Kolombia dan Argentina sudah lebih dulu memutuskan mundur dari rencana mereka jadi tuan rumah karena alasan berbeda.

Kolombia mundur karena karena gejolak politik di negara tersebut, sementara Argentina batal jadi tuan rumah karena lonjakan kasus Covid-19. Brasil kemudian ditunjuk sebagai tuan rumah menggantikan Argentina oleh CONMEBOL.

[Gambas:Video CNN]

(jal/ptr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK