Daftar Pemain Pingsan di Lapangan Selain Eriksen, 4 Meninggal

jun, CNN Indonesia | Minggu, 13/06/2021 15:22 WIB
Selain Christian Eriksen, sedikitnya ada enam pesepakbola internasional yang pernah jatuh pingsan di lapangan. Christian Eriksen pingsan di laga Denmark vs Finlandia. (REUTERS/HANNAH MCKAY)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gelandang Denmark Christian Eriksen secara mengejutkan jatuh pingsan pada laga pembuka Grup B Euro 2020 (Euro 2021) saat melawan Finlandia, Sabtu (12/6). Namun, ia bukan satu-satunya pemain yang pernah mengalami hal serupa.

Eriksen membuat jagad sepak bola heboh saat dirinya tiba-tiba pingsan di tengah laga. Beruntung nyawanya tertolong setelah mendapat penganan medis yang tepat. Hanya saja, Denmark harus rela menuai kekalahan 0-1 dari Finlandia di akhir laga.

Belum diketahui apakah Eriksen bisa kembali tampil membela Denmark pada pertandingan selanjutnya di Euro 2020.


Strait Times melansir, sedikitnya ada enam pemain yang pingsan di lapangan selain Eriksen.

1. Fabrice Muamba

Gelandang Bolton Wanderers ini pernah pingsan di lapangan saat berlaga di Piala FA 2012 karena serangan jantung.

Muamba bahkan secara teknis dianggap "mati" selama 78 menit sebelum ia hidup kembali. Namun, karier mantan pemain Inggris U-21 itu tak berlangsung lama dan harus segera pensiun pada usia 24 tahun.

2. Bafetimbi Gomis

Striker Prancis itu beberapa kali pingsan di lapangan karena kondisi medis tertentu. Dia pernah pingsan saat bermain untuk Swansea City, Galatasaray, dan Al-Hilal.

3. Marc-Vivien Foo

Nasib gelandang Kamerun ini berujung tragis usai mengalami pingsan saat pertandingan Piala Konfederasi 2003.

Staf medis sudah berusaha menyadarkan pemain berusia 28 tahun itu di lapangan sebelum harus membawanya keluar dengan tandu. Namun, nyawanya tak tertolong dan dinyatakan meninggal.

Soccer Football - Euro 2020 - Group B - Denmark v Finland - Parken Stadium, Copenhagen, Denmark - June 12, 2021 Denmark's Christian Eriksen receives medical attention after collapsing during the match Pool via REUTERS/Friedemann VogelChristian Eriksen pingsan namun kondisinya kini sudah stabil. (Pool via REUTERS/FRIEDEMANN VOGEL)

4. Antonio Puerta

Gelandang Sevilla itu pingsan saat berlari di pertandingan pertama La Liga musim 2007/2008 melawan Getafe. Meskipun telah dibantu staf medis untuk keluar dari lapangan, dia pingsan lagi di ruang ganti.

Pemain internasional Spanyol itu akhirnya dilarikan ke rumah sakit dan tiga hari kemudian dinyatakan meninggal karena "kegagalan organ ganda" serangan jantung pada usia 22 tahun.

5. Cheick Tiote

Empat bulan setelah meninggalkan Newcastle United, Tiote pingsan saat menjalani sesi latihan dengan klub China Beijing Enterprises. Nahas, pemain asal Pantai Gading berusia 30 tahun itu tak tertolong dan dinyatakan meninggal di rumah sakit.

Banner Euro 2020

6. Miklos Feher

Striker Hungaria yang bermain untuk Benfica itu mengalami serangan jantung dan tiba-tiba jatuh kesakitan saat melawan Vitoria Guimaraes pada Januari 2004.

Petugas medis sudah berusaha menyadarkan pria berusia 24 tahun itu sebelum dibawa dengan tandu dan dilarikan ke rumah sakit. Dokter juga sudah mencoba untuk menghidupkannya kembali selama hampir 90 menit sebelum akhirnya dinyatakan meninggal.

[Gambas:Video CNN]

(jun/ptr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK