Euro 2020: Beban Berat Lewandowski di Polandia vs Slovakia

CNN Indonesia | Senin, 14/06/2021 17:37 WIB
Aksi Robert Lewandowski menjadi salah satu yang dinanti dalam pertandingan Polandia vs Slovakia di Euro 2020 (Euro 2021). Penyerang Polandia, Robert Lewandowski akan jadi andalan melawan Slovakia di Euro 2020. (REUTERS/KACPER PEMPEL)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aksi Robert Lewandowski menjadi salah satu yang dinanti dalam pertandingan antara Polandia vs Slovakia di laga perdana Grup E ajang Euro 2020 (Euro 2021), yang akan disiarkan pada Senin (14/6) pukul 23.00 nanti.

Sebab, Lewandowski yang saat ini berusia 32 tahun tampil di Euro 2020 dengan membawa sederet prestasi. Dia adalah pemain terbaik Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

Lewandowski mencetak 53 gol dalam 47 pertandingan untuk klub Liga Jerman, Bayern Munchen dan Polandia di sepanjang musim. Hal ini membuat Lewandowski berhasil memecahkan rekor gol Bundesliga yang sebelumnya ditorehkan Gerd Muller dengan mengantongi 41 gol dalam 29 pertandingan liga bersama Bayern.


Seluruh prestasi yang dicapai oleh Lewandowski diharapkan bisa menjadi ancaman di ajang Euro 2020. Apalagi di usianya saat ini, performa Lewandowski dinilai sedang berada di puncak.

Namun, penampilan Lewandowski dalam turnamen tingkat dunia tidak mengilap. Dia tercatat baru menyarangkan dua gol di ajang Piala Dunia dan Piala Eropa.

Lewandowski diharapkan bisa membuat terobosan dengan pemain gelandang Piotr Zielinski guna menjebol gawang Slovakia, dan memperbaiki catatan pertandingan di tingkat dunia. Sebab, penyerang Krzysztof Piatek dan Arkadiusz Milik kemungkinan tidak bisa menjalani pertandingan akibat cedera.

Seluruh beban bakal tertumpu di pundak Lewandowski yang akan berlaga dalam pertandingan perdana Grup E Euro 2020 melawan Slovakia. Dia diharapkan bisa menyarangkan sejumlah gol di hadapan tim yang tidak terlalu diunggulkan.

Akan tetapi, meskipun bukan tim unggulan, Slovakia juga bakal berupaya sekuat tenaga meladeni permainan Lewandowski dan rekan-rekannya.

Kapten tim Slovakia, Marek Hamsik, mengakui Polandia tidak bisa dianggap remeh.

"Polandia lawan yang tangguh. Mereka punya sejumlah pemain jagoan, terutama di lini penyerang, jadi kami harus memperkuat pertahanan tetapi juga harus memperlihatkan apa yang bisa kami lakukan," kata Hamsik yang berusia 33 tahun, seperti dilansir Associated Press, Senin (14/6).

Hamsik bakal ditemani oleh gelandang Robert Mak (30) dan Juraj Kucka (34) guna menghadapi serangan Polandia. Apalagi pelatih Slovakia, Stefan Tarkovic, bakal menerapkan gaya permainan bertahan guna menghadapi gempuran Lewandowski dan rekan-rekannya.

"Mereka (Polandia) mempunyai serangan yang kuat. Kami sudah mempersiapkan cara menghadapi mereka dan juga berhadap akan efektif dalam melakukan serangan," ujar Tarkovic.

(ayp/jal)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK