5 Rekor Ronaldo Usai Portugal Bungkam Hungaria

CNN Indonesia | Rabu, 16/06/2021 04:15 WIB
Cristiano Ronaldo melanjutkan torehan rekor di lapangan hijau setelah tampil dalam laga pertama Portugal di Euro 2020 (Euro 2021). Cristiano Ronaldo mencetak dua gol ke gawang Portugal. (Pool via REUTERS/ALEX PANTLING)
Jakarta, CNN Indonesia --

Cristiano Ronaldo mencetak lima rekor usai tampil membela timnas Portugal melawan Hungaria dalam laga pertama fase grup Euro 2020 (Euro 2021).

Sebelum Piala Eropa berlangsung, Ronaldo sudah disebut-sebut berpotensi memecahkan beragam rekor. Terbukti dalam laga pertama Selecao das Quinas, pemain Juventus itu langsung menorehkan sederet capaian.

Tak cuma rekor yang berkaitan dengan Euro, Ronaldo juga mencatatakan hasil tertinggi di kategori yang berkenaan dengan kejuaraan sepak bola lain.


Berikut lima rekor Ronaldo usai Portugal mengalahkan Hungaria 3-0:

1. Dengan bermain di matchday pertama Grup F, Ronaldo merupakan satu-satunya pemain yang tampil di lima edisi Piala Eropa. Ronaldo mencatatkan debut di Euro 2004. Selanjutnya pemain yang identik dengan nomor 7 tersebut rutin tampil di ajang pesta sepak bola Benua Biru.

Ronaldo pun melewati catatan 17 pemain lain yang pernah tampil dalam empat perhelatan Euro.

2. Ronaldo juga menjadi satu-satunya pemain yang bisa mencetak gol di lima perhelatan Piala Eropa. Dalam empat edisi sebelumnya Ronaldo tak pernah absen membobol gawang lawan.

3. Dua gol ke gawang Hungaria membuat Ronaldo kini mengoleksi 11 gol dan menjadikannya sebagai pemain tersubur sepanjang masa Piala Eropa. Sebelumnya, Ronaldo mencetak sembilan gol atau sejajar dengan Michel Platini.

Sebelumnya Ronaldo mencetak dua gol di Euro 2004, satu gol di Euro 2008, serta masing-masing tiga gol di Euro 2012 dan 2016.

Banner Euro 2020

4. Ronaldo kini mengoleksi 39 penampilan di turnamen besar, Piala Eropa dan Piala Dunia. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak di antara pemain-pemain lain.

Pemain Juventus itu sebelumnya punya catatan yang sama dengan mantan gelandang Jerman, Bastian Schweinsteiger, yang tampil 38 kali di Piala Eropa dan Piala Dunia.

5. Ronaldo menjadi pemain tertua yang bisa mencetak dua gol di Piala Eropa. Dengan usia 36 tahun 130 hari, Ronaldo mengambil alih rekor Andriy Shevchenko yang mencetak dua gol di Euro 2012 pada usia 35 tahun 256 hari.

[Gambas:Video CNN]

(nva/sry)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK