ANALISIS

Tanda Bahaya dari Cristiano Ronaldo

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Rabu, 16/06/2021 02:26 WIB
Cristiano Ronaldo tampil menjanjikan dengan mencetak dua gol di akhir laga pertama Euro 2020 (Euro 2021) yang menjadikannya sebagai mesin rekor. Kerja sama apik dan finishing yang baik dari Ronaldo menghasilkan gol ketiga Portugal ke gawang Hungaria. (Pool via REUTERS/ALEX PANTLING)
Jakarta, CNN Indonesia --

Cristiano Ronaldo memberikan bukti, bahwa dia belum habis di usia yang tak muda lagi ketika membawa Portugal meraih kemenangan 3-0 atas Hungaria di laga fase grup Euro 2020 (Euro 2021).

Ronaldo tampil menjadi ujung tombak dalam formasi 4-2-3-1 yang diusung pelatih Fernando Santos guna menjadi tumpuan membobol gawang Hungaria.

Awal pertandingan Hungaria vs Portugal tidak ada yang spesial dari Ronaldo. Keinginan keras Ronaldo meraih kemenangan guna mempertahankan trofi Piala Eropa tetap di semenanjung Iberia terlihat ketika Ronaldo tampak kesal dengan Diogo Jota yang tidak memberinya umpan pada menit kelima.


Ketika itu Jota memilih menuntaskan peluang meski dikerubungi tiga pemain Hungaria. Ronaldo yang sudah meminta bola di area kosong hanya bisa menampilkan gestur ketidakpuasan.

Setelah itu Ronaldo jarang terlihat. Meski tak juga hilang dari pantauan layar, atau istilahnya 'dikantongi' bek lawan, Ronaldo memang cukup jarang memegang bola.

Menurut statistik dari Whoscored. Persentase penguasaan bola Ronaldo hanya 3,8 dan hanya 49 kali menyentuh bola. Pemain-pemain bertahan Portugal tercatat sebagai penguasa bola terbanyak.

[Gambas:Video CNN]

Jumlah Ronaldo berinteraksi dengan bola pun masih berada di bawah trio gelandang serang Selecao das Quinas, Jota, Bruno Fernandes, dan Bernardo Silva.

Cukup dimaklumi karena Ronaldo berperan sebagai penyelesaian serangan dan pertahanan Hungaria bermain cukup baik dalam meredam upaya ofensif Portugal.

Namun di sisi lain juga terlihat kerja sama Ronaldo dengan tiga pemain penyokong di belakangnya tidak serasi di laga melawan skuad berjuluk The Magyars. Ronaldo pun terlihat salah umpan beberapa kali.

Banner Euro 2020

Upaya Ronaldo menaklukkan pertahanan lawan dengan beragam cara, menjatuhkan diri di kotak penalti atau memanfaatkan kemampuan lompatan vertikal. Namun tidak ada satu pun yang berbuah gol.

Ronaldo juga tak mampu mencocor bola memanfaatkan umpan dari Jota yang berada di sisi kiri. Sudah berada di depan gawang, Ronaldo membuat bola melambung. Lebih seperti bek menghalau bola ketimbang penyerang yang ingin mencetak gol.

Rafa Silva Penyelamat Ronaldo

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK