Euro 2020: Rusia Unggul Atas Finlandia di Babak I

CNN Indonesia | Rabu, 16/06/2021 20:54 WIB
Timnas Rusia unggul 1-0 atas Finlandia di babak pertama dalam laga lanjutan Grup A Euro 2020 (Euro 2021). Timnas Rusia berhasil unggul 1-0 atas Finlandia di babak pertama Euro 2020. (AP/Anton Vaganov)
Jakarta, CNN Indonesia --

Timnas Rusia unggul 1-0 atas Finlandia di babak pertama Grup A Euro 2020 (Euro 2021) di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Rabu (16/6) malam WIB.

Finlandia langsung membuat kejutan saat laga baru berjalan tiga menit. Umpan Jukka Raitala mampu disundul Joel Pohjanpalo untuk merobek gawang Rusia pada menit ketiga.

Namun, gol yang dicetak Finlandia dianulir wasit karena Pohjanpalo dianggap sudah lebih dulu berada dalam posisi offside sebelum gol terjadi.


Rusia yang sempat tersentak perlahan mulai menguasai permainan. Tim asuhan Stanislav Cherchesov mulai leluasa melepaskan umpan-umpan ke kotak penalti Finlandia.

Peluang pertama untuk Rusia datang pada menit ke-10. Umpan yang dikirimkan Aleksey Miranchuk mampu diraih Magomed Ozdoev tetapi sontekannya di dalam kotak penalti malah tidak menemui sasaran.

Setelah itu pertandingan berjalan semakin terbuka. Finlandia yang tampil agresif kembali menciptakan peluang melalui Pohjanpalo tetapi tendangannya masih bisa diblok oleh pemain belakang Rusia pada menit ke-21.

Rusia tetap jadi tim yang mengendalikan permainan sampai pertengahan babak pertama. Artem Dzyuba dkk kerap berhasil mengirimkan umpan ke kotak penalti Finlandia tetapi tidak bisa leluasa untuk mencetak gol karena ketatnya penjagaan yang dlakukan pemain lawan.

Memasuki 15 menit terakhir babak pertama, duel Finlandia vs Rusia lebih banyak berkutat di lini tengah. Benturan antarpemain pun tak terhindarkan di laga ini dan tak banyak peluang yang tercipta.

Rusia coba memaksimalkan peran dua pemain sayap mereka di sisa waktu jelang babak pertama usai. Kerja keras Rusia untuk mencetak gol membuahkan hasil melalui Miranchuk pada masa injury time.

Miranchuk yang mendapatkan bola di dalam kotak penalti dengan tenang menempatkan bola ke tiang jauh menggunakan kaki kiri yang mengelabui Lukas Hradecky. Skor 1-0 untuk keunggulan Rusia atas Finlandia bertahan hingga akhir babak pertama.

Susunan pemain

Finlandia (3-5-2): Lukas Hradecky; Joona Toivio, Paulus Arajuuri, Daniel O'Shaughnessy; Jukka Raitala, Rasmus Schüller, Robin Lod, Glen Kamara, Jere Uronen; Teemu Pukki, Joel Pohjanpalo

Rusia (4-3-3): Matvei Safonov; Mário Fernandes, Igor Diveev, Georgi Dzhikiya, Daler Kuzyaev; Roman Zobnin, Dmitri Barinov, Magomed Ozdoev; Aleksei Miranchuk, Artem Dzyuba, Aleksandr Golovin

(abd/ayp)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK