Pasien Covid-19 Klaster Copa America Jadi 52 Orang

CNN Indonesia | Kamis, 17/06/2021 02:22 WIB
Pasien infeksi Covid-19 klaster Copa America 2021 kini mencapai 52 orang. Ilustrasi timnas Kolombia di Copa America 2021. (AP/Bruna Prado)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jumlah pasien infeksi virus corona (Covid-19) klaster Copa America 2021 terus bertambah dan sudah kini mencapai 52 orang.

Dilansir Associated Press, Rabu (16/6), menurut data Kementerian Kesehatan Brasil, pasien Covid-19 klaster Copa America 2021 bertambah setelah jumlah staf penyelenggara yang positif bertambah menjadi 19 orang. Selain itu, 33 pemain dan anggota tim juga dinyatakan terinfeksi virus corona.

Sampai saat ini, Kemenkes Brasil menyatakan sudah melakukan pemeriksaan Covid-19 terhadap 3.045 orang yang terkait dengan penyelenggaraan Copa America 2021.


Munculnya klaster di tengah kejuaraan itu juga menuai kritik dari sejumlah kalangan. Salah satunya penyerang Bolivia, Marcelo Martins, yang positif terinfeksi corona.

Dia menyalahkan Federasi Sepakbola Amerika Selatan (CONMEBOL) atas klaster Covid-19 di Copa America.

"Terima kasih kepada CONMEBOL atas hal ini. Ini sepenuhnya kesalahan adalah kalian. Jika seseorang meninggal apa yang akan kalian lakukan? Yang terpenting bagi kalian hanya uang. Jiwa para pemain tidak ada nilainya," tulis Martins melalui unggahan di media sosial Instagram.

CONMEBOL lantas menanggapi hujan kritik atas keputusan mereka yang tetap menggelar Copa America di Brasil, yang merupakan salah satu negara dengan kasus Covid-19 ketiga tertinggi di dunia.

"Copa America 2021 tidak dilakukan secara terburu-buru, yang mana hal itu mustahil dilakukan. Hal itu membutuhkan persiapan matang selama satu tahun untuk mengorganisir, mengumpulkan anggaran, staf dan seluruh sumber daya di benua," tulis CONMEBOL dalam pernyataan pers.

Venezuela bahkan sampai memanggil pemain cadangan dari negara mereka untuk menggantikan sejumlah pemain yang dinyatakan positif corona. Bahkan, sejumlah staf timnas Venezuela juga terinfeksi Covid-19.

Sejumlah staf timnas Peru, Kolombia dan Bolivia juga dinyatakan positif corona.

Brasil menawarkan diri menjadi tuan rumah Copa America 2021 yang diikuti sepuluh negara, setelah Argentina dan Kolombia batal menjadi penyelenggara.

Banner Euro 2020

Tawaran itu disampaikan oleh Presiden Brasil, Jair Bolsonaro. Selama ini dia dikenal sebagai presiden yang menolak kebijakan protokol kesehatan menjaga jarak serta pembatasan kegiatan masyarakat atau penguncian wilayah (lockdown).

Padahal, jumlah kematian akibat infeksi Covid-19 di Negeri Samba saat ini menjadi yang tertinggi kedua di dunia dengan jumlah hampir 490 ribu orang.

[Gambas:Video CNN]

(ayp/ayp)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK