Klasemen Peringkat 3 Terbaik Euro 2020

CNN Indonesia | Selasa, 22/06/2021 19:35 WIB
Sebanyak empat dari enam tim peringkat tiga terbaik dari setiap grup akan diambil dan lolos ke babak 16 besar Euro 2020 (Euro 2021). Timnas Swiss aman di posisi tiga besar terbaik Euro 2020. (Pool via REUTERS/TOLGA BOZOGLU)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perubahan terjadi di klasemen peringkat tiga terbaik Euro 2020 (Euro 2021) yang bisa menentukan nasib tim-tim tersebut ke babak 16 besar.

Dari enam tim di putaran final Euro 2020, hanya empat tim di peringkat tiga terbaik yang berhak lolos ke babak 16 besar.

Peringkat tiga terbaik menjadi topik panas setelah Grup B dan C menyelesaikan seluruh pertandingan. Pasalnya lewat hasil pertandingan itu, beberapa terbantu lolos ke babak gugur.


Swiss jadi peringkat tiga terbaik pertama yang lolos ke babak 16 besar. Hasil itu didapat setelah Nati mengalahkan Turki 3-1 pada laga terakhir Grup A di Stadion Olimpico, Minggu (20/6).

Dengan kemenangan atas Turki, Swiss mengoleksi 4 poin dari 3 pertandingan. Poin tersebut sama dengan Wales, akan tetapi Swiss kalah selisih gol.

Berdasarkan pasal 21.03, hasil peringkat tiga akan dibandingkan setelah seluruh tim menyelesaikan tiga pertandingan di fase grup.

Portugal's Cristiano Ronaldo, right, celebrates after scoring his side's opening goal during the Euro 2020 soccer championship group F match between Portugal and Germany at the football arena stadium in Munich, Saturday, June 19, 2021. (Matthias Hangst/Pool Photo via AP)Portugal untuk sementara di peringkat ketiga terbaik Euro 2020. (AP/Matthias Hangst)

Setelah tim-tim tersebut melakoni tiga pertandingan, faktor pertama yang jadi perbandingan adalah jumlah poin yang lebih tinggi.

Apabila memiliki poin yang sama, maka akan ditentukan lewat jumlah selisih gol yang lebih tinggi.

Hal berikutnya yang akan dilihat adalah jumlah gol yang dicetak, usai melewati faktor jumlah poin dan selisih gol.

Poin keempat dan kelima yang dipertimbangkan guna menentukan peringkat tiga terbaik adalah jumlah kemenangan serta poin disiplin.

[Gambas:Video CNN]

Poin disiplin di sini dihitung berdasarkan poin yang lebih rendah dalam penerimaan kartu kuning dan kartu merah. UEFA menentukan, kartu merah langsung bernilai 3 poin, sedangkan kartu kuning bernilai 1 poin, sedangkan kartu merah karena dua kartu kuning bernilai 3 poin.

Jika tim-tim yang terkait tersebut masih memiliki perhitungan yang sama, penilaian keenam untuk menentukan tiga terbaik ini berdasarkan peringkat Kualifikasi Eropa secara keseluruhan.

Banner Euro 2020

Sampai dengan saat ini Swiss menempati puncak klasemen peringkat ketiga terbaik dengan torehan 4 poin.

Di posisi kedua jadi milik Portugal yang baru mengoleksi 3 poin dari 2 pertandingan. Ukraina dan Finlandia secara berurutan di posisi ketiga serta keempat.

Portugal, Ukraina, dan Finlandia memiliki poin sama, 3, akan tetapi Selecao das Quinas unggul selisih gol. Spanyol yang baru memiliki 2 poin dan Kroasia dengan torehan 1 poin di peringkat kelima serta keenam.

Posisi-posisi tersebut bisa berubah seiring dengan Grup D hingga F menyelesaikan pertandingan ketiga. Akan tetapi selain tim-tim tersebut, empat tim lain sudah memiliki garansi lolos ke babak 16 besar Euro 2020 setidaknya melalui peringkat tiga terbaik grup tergantung hasil akhir pertandingan Grup D hingga F.

Keempat tim tersebut adalah Ceko, Inggris, Swedia, dan Prancis yang sudah dinyatakan lolos ke babak 16 besar.

Klasemen Peringkat Tiga Terbaik Euro 2020:

1. Swiss 4 poin
2. Portugal 3
3. Ukraina 3
4. Finlandia 3
5. Spanyol 2
6. Kroasia 1

Jadwal Sisa Fase Grup Euro 2020

Rabu (23/6)
Grup D
Ceko vs Inggris
Kroasia vs Skotlandia

Grup E
Swedia vs Polandia
Slovakia vs Spanyol

Kamis (24/6)
Grup F
Jerman vs Hungaria
Portugal vs Prancis

(sry/har)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK