Gara-gara Lewandowski, Polandia Kalah dari Swedia

CNN Indonesia
Kamis, 24 Jun 2021 09:51 WIB
Sundulan striker Polandia Robert Lewandowski di depan gawang Swedia gagal berbuah gol di Euro 2020 (Euro 2021). Momen striker timnas Polandia Robert Lewandowski gagal mencetak gol ke gawang Swedia di Euro 2020 (Euro 2021). (AP/Dmitri Lovetsky)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kiprah striker timnas Polandia Robert Lewandowski di Euro 2020 (Euro 2021) dinilai banyak kalangan cukup mengecewakan.

Terutama pada babak penyisihan terakhir Grup E melawan Swedia, Lewandowski gagal mengeksekusi peluang meski sudah berada di depan gawang.

Dilansir Sportbible, kegagalan Lewandowski mencetak gol adalah ketika sundulannya yang berasal dari sepak pojok malah membentur mistar gawang Swedia. Saat itu Polandia tertinggal 1-0 dari Swedia.


Pantulan bola sundulan itu kembali mengarah ke Lewandowski. Namun, pada sundulan kedua dia malah membuat bola itu keluar lapangan.

Kegagalan Lewandowski mencetak gol itu menjadi sorotan. Sebab, striker Bayern Munich itu mencetak 41 gol di Bundesliga Musim 2020/2021.

Lewandowski memang menebus kesalahan dengan mencetak dua gol di laga itu, yakni pada menit ke-61 dan 84'. Namun, Swedia berhasil membalas setelah Viktor Claesson mencetak gol ketiga pada menit ke-93.

Dua gol Swedia sebelumnya dibuat Emil Forsberg pada menit ke-2 dan 59'.

Padahal banyak pihak berharap bisa melihat permainan apik Lewandowski. Namun, sepertinya timnas Polandia terlalu bertumpu kepadanya.

Poland's Robert Lewandowski applauds fans at the end of the Euro 2020 soccer championship group D match between Sweden and Poland, at the St. Petersburg stadium in St. Petersburg, Russia, Wednesday, June 23, 2021. Sweden won 3-2. (AP Photo/Kirill Kudryavtsev, Pool)Striker timnas Polandia Robert Lewandowski gagal mencetak gol ke gawang Swedia di Euro 2020 (Euro 2021). (AP/Kirill Kudryavtsev)

Serangan balik cepat Polandia mampu dimanfaatkan Lewandowksi yang melepaskan tendangan ke sudut tanpa mampu dibendung kiper Swedia Robin Olsen. Lewandowksi kembali mencetak gol pada menit ke-84 lewat Umpan Przemyslaw Frankowski.

Banner Euro 2020

Hasil akhir ini membuat Polandia harus angkat kaki dari Euro 2020.

Hasil ini membawa Swedia lolos ke babak selanjutnya sebagai juara grup. Swedia mengoleksi tujuh poin, unggul dua poin atas Spanyol yang menempati posisi runner up Grup E.

[Gambas:Video CNN]

(ayp/sry)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER