5 Kontroversi Inggris vs Denmark: 2 Bola Hingga Sinar Laser

CNN Indonesia
Kamis, 08 Jul 2021 08:54 WIB
Sejumlah kontroversi mewarnai kemenangan timnas Inggris atas Denmark pada semifinal Euro 2020 (Euro 2021) di Stadion Wembley. Timnas Inggris menang atas Denmark dan ke final Euro 2020. (Pool via REUTERS/FRANK AUGSTEIN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah kontroversi mewarnai kemenangan timnas Inggris atas Denmark pada semifinal Euro 2020 (Euro 2021) di Stadion Wembley, Kamis (8/7) dini hari WIB.

Pada pertandingan krusial tersebut Inggris menang dramatis 2-1 atas Denmark lewat babak tambahan hingga lolos ke babak final Euro 2020 untuk melawan Italia.

The Three Lions tertinggal lebih dahulu lewat tendangan bebas spektakuler Mikkel Damsgaard pada menit ke-30. Tendangan bebas itu tidak saja melengkung dengan indah, tetapi juga meluncur deras sehingga tidak bisa diantisipasi kiper Jordan Pickford.


Akan tetapi sembilan menit kemudian Inggris bisa mencetak gol balasan setelah kapten Denmark Simon Kjaer mencetak gol bunuh diri pada menit ke-39 karena gagal mengantisipasi umpan silang Bukayo Saka.

Inggris akhirnya berhasil memastikan kemenangan lewat rebound Harry Kane dari penaltinya sendiri pada penit ke-104 di babak tambahan.

Meski demikian dalam jalannya kemenangan Inggris atas Denmark pada semifinal Euro 2020 terdapat sejumlah kontroversi yang mendapat protes dari kedua tim.

Banner Euro 2020

Berikut 5 kontroversi duel Inggris vs Denmark pada semifinal Euro 2020:

1. Backpass

Para Inggris lebih dahulu protes kepada wasit Danny Makkelie lantaran kiper Kasper Schmeichel menangkap bola yang dianggap backpass dari rekannya sendiri. Peristiwa itu terjadi pada awal laga, tepatnya di menit ketiga.

2. Kane Dilanggar

Sebelum Denmark melakukan protes terhadap penalti Inggris, para pemain Inggris juga sudah melakukan protes ketika Harry Kane dilanggar Christian Norgaard pada menit ke-74. Dalam tayangan ulang, kaki kanan Kane tampak dijegal Norgaard.

Wasit Makkelie meniup peluit untuk melihat VAR, namun kemudian memutuskan tidak ada pelanggar dan Inggris tidak mendapat penalti.

Soccer Football - Euro 2020 - Semi Final - England v Denmark - Wembley Stadium, London, Britain - July 7, 2021 Denmark's Joakim Maehle fouls England's Raheem Sterling to concede a penalty Pool via REUTERS/Laurence GriffithsMomen Raheem Sterling dilanggar. (REUTERS/Laurence Griffiths)

3. 2 Bola

Kontroversi yang paling disorot adalah penalti Inggris pada babak tambahan ketika Raheem Sterling dianggap dilanggar Joakim Maehle pada menit ke-102.

Sebelum pelanggaran itu terjadi, tedapat dua bola di dalam lapangan. Selain bola yang digiring Sterling, ada lagi bola lain di dekat sudut lapangan di sektor kiri pertahanan Denmark. Akan tetapi, wasit dan hakim garis tidak menghentikan pertandingan karena bola kedua itu dianggap tidak mengganggu permainan.

4. Penalti Inggris

Kontroversi selanjutnya adalah keputusan wasit Makkelie memberi Inggris penalti. Dalam tayangan ulang terlihat kontak antara Sterling dengan Maehle sangat minim.

5. Sinar Laser

Saat Harry Kane bersiap melakukan tendangan penalti, kiper Denmark Kasper Schmeichel menjadi korban sinar laser berwarna hijau oknum suporter Inggris. Gangguan itu tidak membuat Schmeichel kehilangan fokus.

Kiper Leicester City itu berhasil memblok penalti Kane, namun gagal mengantisipasi bola rebound.

[Gambas:Video CNN]

(sry/har)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER