OLIMPIADE TOKYO

Windy Perunggu, Angkat Besi Lanjut Tradisi Medali Olimpiade

ptr, CNN Indonesia | Sabtu, 24/07/2021 13:50 WIB
Keberhasilan Windy Cantika Aisah merebut medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020 membuat tim angkat besi Indonesia melanjutkan tradisi medali di Olimpiade. Windy Cantika sukses merebut medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020. (REUTERS/EDGARD GARRIDO)
Jakarta, CNN Indonesia --

Windy Cantika Aisah berhasil meraih medali perunggu kelas 49kg di Olimpiade Tokyo 2020. Hal ini membuat angkat besi melanjutkan tradisi medali di Olimpiade.

Windy sukses mencatat total angkatan 194kg dengan rincian 84kg untuk snatch dan 110kg untuk clean and jerk. Windy hanya kalah dari Hou Zhihui yang meraih emas dan Mirabai Chanu yang meraih perak.

Penampilan Windy saat angkatan snatch sempat kurang bagus. Ia gagal dalam angkatan pertama 84kg dan baru menebusnya di kesempatan kedua. Upaya Windy menambah angkatan menjadi 87kg di kesempatan ketiga juga gagal.


Namun penampilan Windy lebih impresif di saat clean and jerk. Ia mulus dalam tiga angkatan, mulai dari 103kg, 108kg, dan terakhir 110kg.

Keberhasilan Windy meraih perunggu membuat angkat besi dipastikan melanjutkan tradisi medali Olimpiade untuk Indonesia. Tradisi ini sudah dimulai sejak Olimpiade Sydney 2000.

Banner Testimoni

Di Olimpiade Sydney angkat besi meraih 1 perak (Lisa Rumbewas) dan 2 perunggu (Sri Indriyani dan Winarni). Empat tahun kemudian di Athena angkat besi meraih 1 perak, kembali lewat kesuksesan Lisa Rumbewas.

Pada Olimpiade Beijing 2008 tim angkat besi meraih 3 perunggu atas nama Lisa Rumbewas, Eko Yuli Irawan, dan Triyatno.

Di Olimpiade London 2012 tim angkat besi meraih dua perak lewat Triyatno dan Citra Febrianti sedangkan Eko meraih medali perunggu.

Empat tahun berikutnya tim angkat besi memberi dua perak atas nama Eko Yuli Irawan dan Sri Wahyuni.

Setelah Windy sukses merebut perunggu nomor 49kg, tim angkat besi masih punya banyak peluang untuk memberikan medali bagi kontingen Indonesia di hari-hari berikutnya.

Tradisi Medali Olimpiade dari Angkat Besi untuk Indonesia

Olimpiade Sydney 2000: 1 perak (Lisa Rumbewas) dan 2 perunggu (Sri Indriyani dan Winarni)

Olimpiade Athena 2004: 1 perak (Lisa Rumbewas)

Olimpiade Beijing 2008: 3 perunggu (Eko Yuli Irawan, Triyatno, Lisa Rumbewas)

Olimpiade London 2012: 2 perak (Triyatno dan Citra Febrianti) dan 1 perunggu (Eko Yuli Irawan)

Olimpiade Rio de Janeiro 2016: 2 perak (Eko Yuli Irawan dan Sri Wahyuni)

Olimpiade Tokyo 2020: Perunggu (Windy Cantika Aisah)

[Gambas:Video CNN]

(ptr/har)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK