OLIMPIADE TOKYO

Persembahan Eko untuk Indonesia: 4 Medali dari 4 Olimpiade

CNN Indonesia | Minggu, 25/07/2021 19:11 WIB
Eko Yuli Irawan berhasil mempersembahkan empat medali dari empat partisipasi di Olimpiade, termasuk Olimpiade Tokyo 2020. Eko Yuli Irawan berhasil meraih medali perak di Olimpiade Tokyo 2020. (REUTERS/CHRIS GRAYTHEN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Eko Yuli Irawan kembali mempersembahkan medali untuk Indonesia dengan meraih medali perak dari cabang angkat besi kelas 61 kilogram putra di Olimpiade Tokyo 2020, Minggu (25/7).

Eko Yuli mengamankan medali perak berkat total angkatan 302 kg. Ia melakukan angkatan snatch 137 kg dan clean and jerk 165 kg.

Eko Yuli mengakhiri perlombaan di posisi kedua. Medali emas direbut Li Fabin (China) dan Igor Son dari Kazakhstan bisa mengamankan medali perunggu.


Medali perak yang diraih Eko Yuli di Olimpiade Tokyo 2020 memperpanjang catatan prestasinya dalam mengharumkan nama Indonesia. Sejak memulai debut di Olimpiade Beijing tahun 2008, Eko Yuli tak pernah gagal meraih medali.

Lifter asal Metro, Lampung itu melakoni debutnya di Olimpiade Beijing 2008 dengan meraih medali perunggu. Eko Yuli yang berlomba di kelas 56 kg menempati podium terakhir setelah Long Qingquan (China) dan Hoang Anh Tuan (Vietnam).

Prestasi itu mampu dipertahankan Eko Yuli di Olimpiade London, empat tahun berselang. Kali ini, Eko Yuli yang berlomba di kelas 62 kg kembali meraih medali perunggu.

Banner Testimoni

Ia jadi satu-satunya penyumbang medali perunggu untuk Indonesia di Olimpiade London. Di Olimpiade 2012, Indonesia juga meraih medali perak berkat sumbangsih dua lifter yakni Triyatno dan Citra Febrianti.

Di Olimpiade Rio 2016, Eko Yuli meraih prestasi lebih baik. Ia merebut medali perak untuk kali pertama sepanjang partisipasinya di pentas Olimpiade.

Torehan itu berhasil dipertahankan di Olimpiade Tokyo 2020. Eko Yuli yang punya ambisi meraih medali emas untuk kali pertama kali ini harus kembali ke tanah air dengan medali perak.

[Gambas:Video CNN]

(jal/jun)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK