Kisah Kakak Adik Raih Medali Emas di Olimpiade Tokyo

ptr, CNN Indonesia | Senin, 26/07/2021 10:53 WIB
Hifumi Abe dan Uta Abe mencatatkan rekor sebagai kakak beradik pertama dari Jepang yang meraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020. Uta Abe sukses meraih emas disusul sang kakak, Hifumi Abe. (AP/Vincent Thian)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hifumi Abe dan Uta Abe mencatatkan rekor sebagai kakak beradik pertama dari Jepang yang meraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020. Abe bersaudara mencatatkan rekornya di cabang olahraga judo di Nippon Budokan, pada Minggu (25/7).

Dilansir Japan Today, sang adik, Uta memastikan medali emas terlebih dahulu saat memenangkan laga final menghadapi wakil Prancis Amandine Buchard di kelas 52kg.

Bersaing di Olimpiade pertamanya, Uta bertarung dalam pertarungan berat melawan juara bertahan Eropa, Buchard untuk kemenangan lewat ippon setelah 4 menit, 27 detik perpanjangan waktu.


"Dalam empat tahun terakhir, saya benar-benar bekerja keras untuk laga ini, jadi saya sangat senang upaya saya membuahkan hasil. Buchard adalah rival dan seseorang yang sangat saya hormati. Saya sangat senang akhirnya bisa mengalahkannya," kata Uta.

Uta yang merupakan pemegang dua kali gelar juara dunia memulai perjuangan di Olimpiade Tokyo 2020 usai kemenangan ippon atas Larissa Pimenta asal Brasil di babak pembuka. Kemudian dia menang usai mencetak poin penentu dengan waza-ari pada 30 detik di perempat final melawan wakil Inggris Chelsie Giles.

Hifumi Abe of Japan reacts after competing against Vazha Margvelashvili of Georgia in their men's -66kg gold medal judo match at the 2020 Summer Olympics, Sunday, July 25, 2021, in Tokyo, Japan. (AP Photo/Vincent Thian)Hifumi Abe berhasi mengikuti jejak sang adik meraih emas Olimpiade. (AP/Vincent Thian)

Di babak semifinal, Uta melawan peraih medali perak Olimpiade Rio de Janeiro, Odette Giuffrida dari Italia. Ia berhasil melempar lawannya ke matras untuk meraih tiket ke final Olimpiade Tokyo.

Uta yang berusia 21 kemudian bersorak menyemangati sang kakak, Hifumi yang berjuang menghadapi wakil Georgia, Vazha Margvelashvilli di partai final.

Uta melompat kegirangan saat sang kakak memastikan medali emas Olimpiade Tokyo 2020. Hifumi mengalahkan Margvelashvili di final setelah melakukan sapuan kaki bagian luar di menit kedua untuk mendapatkan poin waza-ari.

Tak hanya menambah perolehan medali emas Jepang dari cabang olahraga judo menjadi tiga dan total lima secara keseluruhan, tapi juga sekaligus menjadikan Uta dan Hifumi sebagai kakak beradik pertama yang meraih emas di hari yang sama dalam gelaran Olimpiade.

Uta juga menjadi peraih medali emas pertama di kelas 52kg serta menjadi juara termuda. Sedangkan Hifumi judoka Jepang pertama yang meraih gelar juara di kelasnya sejak Masato Uchishiba di Olimpiade Beijing 2008.

"Saya pikir kami menempatkan nama kami dalam sejarah, dan kami mampu mengubah sejarah," ungkap Hifumi.

[Gambas:Video CNN]

(TTF/ptr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK