Tim Super Jepang Gagal Raih Emas Badminton Olimpiade

ptr, CNN Indonesia | Jumat, 30/07/2021 17:15 WIB
Tim Badminton Jepang yang dipenuhi banyak bintang gagal meraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020. Tim Jepang yang bertabur bintang gagal meraih emas di cabang olahraga badminton di Olimpiade Tokyo 2020. (AP/Markus Schreiber)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tim Badminton Jepang yang dipenuhi banyak bintang gagal meraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020.

Jepang disebut sebagai salah satu negara yang punya peluang bagus meraih banyak medali emas di cabang olahraga badminton Olimpiade Tokyo.

Jepang dianggap punya kekuatan merata di lima nomor dan bermaterikan pemain papan atas dunia. Banyak pemain di Tim Badminton Jepang saat ini bertengger di posisi lima besar dunia bahkan menempati posisi puncak dunia.


Pada All England 2021, Jepang mengakhiri turnamen dengan empat gelar di tangan.

Kento Momota, Nozomi Okuhara, Akane Yamaguchi, Yuta Watanabe/Hiroyuki Endo, Sayaka Hirota/Yuki Fukushima, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara, hingga Yuta Watanabe/Arisa Higashino adalah nama-nama yang diyakini bisa berbicara banyak dan jadi favorit di Olimpiade Tokyo kali ini.

Tokyo 2020 Olympics - Badminton - Men's Singles - Group Stage - MFS - Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Japan – July 28, 2021. Kento Momota of Japan reacts during the match against Heo Kwang-Hee of South Korea. REUTERS/Leonhard FoegerKento Momota sudah tersingkir di fase penyisihan grup. (REUTERS/LEONHARD FOEGER)

Namun satu per satu bintang badminton Jepang berguguran. Momota yang jadi unggulan pertama tunggal putra bahkan secara mengejutkan terhenti di babak penyisihan grup.

Di nomor ganda putri, Hirota/Fukushima dan Mayu/Wakana sama-sama tumbang di babak perempat final. Hirota harus bermain dengan kondisi kaki cedera sepanjang turnamen sedangkan Mayu/Wakana tersingkir setelah gagal memanfaatkan beberapa match point yang didapat.

Pada nomor ganda putra, Yuta/Endo dan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda juga takluk di babak perempat final.

Sedangkan Yuta/Arisa yang sempat menembus babak semifinal harus mengakui kehebatan Wang Yilyu/Huang Dongping.

Pada Jumat (30/7) harapan Jepang untuk meraih emas ditumpukan ke nomor tunggal putri. Nozomi dan Akane gagal menanggung beban tersebut dan tak bisa lolos ke semifinal.

Nozomi kalah dari He Bingjiao dengan skor 21-13, 13-21, 14-21. Sedangkan Akane takluk di hadapan P.V Sindhu dari India dengan angka 13-21, 20-22.

Kekalahan dua wakil tersebut memastikan Jepang tak bisa meraih medali emas di cabang olahraga badminton.

Secara total, Tim Badminton Jepang hanya mendapat satu perunggu lewat sukses Yuta/Arisa duduk di posisi ketiga nomor ganda campuran.

[Gambas:Video CNN]



(ptr/sry)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK