Tuah Titik Lemah Greysia Bawa Indonesia ke Final Olimpiade

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Sabtu, 31/07/2021 13:22 WIB
Servis Greysia Polii yang sering dianggap titik lemah justru sumbang banyak poin di gim 1 semifinal Olimpiade Tokyo 2020. Forehand servis Greysia Polii yang menjadi titik lemah justru membawa keberuntungan untuk Indonesia di semifinal Olimpiade Tokyo 2020. (REUTERS/LEONHARD FOEGER)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gaya servis yang dilakukan Greysia Polii kerap kali disebut menjadi titik lemah dan cenderung dianggap merugikan. Tetapi di semifinal ganda putri Olimpiade Tokyo 2020, Sabtu (31/7), servis Greysia justru menyumbangkan banyak poin dan mengantarkan pasangan Indonesia lolos ke final.

Sejak kali pertama tampil mewakili Indonesia di Piala Uber 2004 silam, Greysia tidak menyadari jika backhand servis yang dilakukannya selama ini kurang begitu baik. Backhand servis yang biasa dilakukan Greysia dinilai terlalu tinggi sehingga mudah dimatikan lawan.

Kemudian ia mendapatkan masukan dari pelatih ganda putri, Eng Hian untuk mengubah gaya servisnya. Eng Hian lantas meminta Greysia mengubah gaya servis dari backhand ke forehand.


Menariknya servis Greysia Polii yang dulu sering dianggap sebagai titik lemahnya justru menyumbangkan banyak poin buat pasangan Indonesia di gim pertama semifinal badminton Olimpiade Tokyo 2020 melawan Lee So Hee/Shin Seung Chan di Musashino Sports Plaza, Sabtu (31/7).

Total, ada sembilan poin yang didapat ganda putri Indonesia saat Greysia memegang servis dalam pertandingan gim pertama.

Pertama ketika ganda putri Indonesia tertinggal poin 8-11 kemudian mampu menyusul menjadi 13-11 saat Greysia memegang servis. Kondisi itu kembali terjadi ketika poin imbang 15-15, Greysia yang memegang servis mampu membawa Indonesia unggul menjadi 17-15.

Bahkan servis Greysia terbukti membawa keberuntungan di poin-poin kritis. Jelang akhir gim pertama, poin sempat sama di 19-19. Lalu Greysia yang memegang servis berhasil mencetak poin sekaligus membuat pasangan Indonesia menang gim pertama 21-19.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Teknik dan gaya servis itu memberikan keuntungan buat Greysia saat bertanding pada 2020. Termasuk ketika Greysia yang berpasangan dengan Apriyani Rahayu berhasil mempersembahkan gelar juara buat tuan rumah di ajang Indonesia Masters 2020 lalu.

Dengan gaya servis yang baru, Greysia bersama Apriyani Rahayu menciptakan sejarah sebagai ganda putri pertama Indonesia yang lolos ke final Olimpiade.

[Gambas:Video CNN]

(TTF/rhr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK