Cordon Lawan Ginting demi Medali Kedua untuk Negara Gila Bola

CNN Indonesia | Minggu, 01/08/2021 23:45 WIB
Lawan Anthony Ginting di partai perebutan perunggu Olimpiade Tokyo, Kevin Cordon, berasal dari Guatemala yang merupakan negara gila bola. Kevin Cordon membuka peluang meraih medali kedua untuk Guatemala di Olimpiade. (REUTERS/LEONHARD FOEGER)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kevin Cordon yang akan bertanding melawan Anthony Sinisuka Ginting dalam partai perebutan medali perunggu di nomor tunggal putra badminton Olimpiade Tokyo 2020 berasal dari Guatemala yang merupakan negara gila bola.

Cordon mengaku mengenal sepak bola lebih dulu ketimbang badminton. Cordon yang sangat berambisi mewakili Guatemala di Olimpiade kemudian mengubah haluan. Pada usia 11 tahun Cordon mulai berkenalan dengan olahraga badminton.

Pemilik peringkat 59 dunia itu menilai olahraga tepok bulu tak populer di negaranya dan dengan demikian, ia punya peluang besar menjadi duta Guatemala di pesta olahraga.


Keputusan Cordon tak salah. Empat kali pemain 34 tahun ini mewakili Guatemala di Olimpiade. Setelah gagal di Olimpiade 2008, 2012, dan 2016, Cordon kini punya kesempatan meraih medali Olimpiade.

Jika berhasil membawa pulang medali perunggu Olimpiade 2020, maka Cordon menjadi orang kedua di Guatemala yang memiliki medali dari ajang multievent empat tahunan.

Sebelumnya Guatemala hanya memiliki seorang peraih medali Olimpiade, yakni Erick Barrondo yang menyabet perak di Olimpiade 2012 dalam cabang olahraga atletik nomor jalan cepat 20 km putra.

"Ini adalah kesempatan kedua yang bagus, kesempatan kedua untuk bersenang-senang, untuk bermain semampu saya," kata Cordon dikutip dari Reuters.

Perjuangan Cordon meraih sukses di olahraga bulutangkis terbilang sulit lantaran tidak ada fasilitas yang memadai di negaranya.

"Di Amerika Latin tidak mudah berlatih badminton jadi orang-orang dari negara lain bingung dengan cara bermain saya yang berbeda," ujar Cordon.

Kendati demikian Cordon adalah pemain badminton terpandang di kawasan Amerika Tengah serta Karibia. Cordon telah mengoleksi berbagai gelar di ajang Pan American Games dan Kejuaraan Pan Am.

Banner Video Highlights MotoGP 2021

Cordon tak pernah mengikuti ajang badminton level top seperti Indonesia Open, China Open, atau All England. Level kejuaraan yang pernah diikutinya hanya BWF International Challenge/Series di kawasan Eropa dan Amerika.

Cordon pun berhasil menembus peringkat 60 dunia dan bisa tampil di empat Olimpiade berbeda lantaran kerap menjadi juara dan runner up di berbagai kejuaraan yang diikuti.

Tak hanya bermain di sektor tunggal, Cordon juga bermain di sektor ganda putra bersama Rodolfo Ramirez dan Anibal Marroquin.

[Gambas:Video CNN]

(nva/nva)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK