MGPA Ingin Rossi Jadi Pembalap Penguji Sirkuit Mandalika

CNN Indonesia | Senin, 09/08/2021 16:14 WIB
Pelaksana MotoGP Indonesia, MGPA berharap Valentino Rossi jadi pembalap penguji Sirkuit Mandalika usai memutuskan pensiun pada akhir musim ini. MGPA berharap Valentino Rossi jadi pembalap penguji Sirkuit Mandalika. (Dorna Sports)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pelaksana MotoGP Indonesia, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) berharap Valentino Rossi jadi pembalap penguji Sirkuit Mandalika usai memutuskan pensiun pada akhir musim ini.

Keputusan Rossi pensiun membuat pembalap berjuluk The Doctor itu tidak bisa membalap di MotoGP Indonesia pada musim depan di MotoGP 2022.

Meski demikian, MGPA berharap Valentino Rossi tetap bisa datang ke Sirkuit Mandalika. Menurut MGPA Rossi memiliki penggemar yang luar biasa banyak di Indonesia.


"Mandalika tentu kehilangan sosok Rossi yang memang sudah dinantikan di sana. Mudah-mudahan Rossi bisa memuaskan para fans yang tentu sudah menunggu di Mandalika nanti," kata Chief Strategic and Communication Officer MGPA Happy Harinto kepada CNNIndonesia.com.

"Mudah-mudahan Rossi bisa hadir. Walau bukan membalap untuk MotoGP lagi, setidaknya bisa menjadi Tester Circuit Mandalika atau datang ke Mandalika pada saat balapan MotoGP 2022 untuk menyapa para fans yang luar biasa banyak di Indonesia," ucap Happy menambahkan.

Happy menyebut Rossi sudah menjadi milik dunia, terutama para pencinta balap motor MotoGP. Alhasil, keputusan pensiun Rossi dipastikan membuat banyak fans patah hati.

Rossi yang merupakan pembalap asal Italia resmi menyatakan pensiun dari ajang MotoGP akhir musim ini. Hal itu diungkapkan Rossi dalam sesi jumpa pers jelang MotoGP Styria, Kamis (5/8).

Keputusan Rossi tersebut akan mengakhiri karier balapnya yang bergelimang prestasi sejak debut pada 1996. Ia merupakan salah satu pembalap tersukses dalam sejarah MotoGP dengan sembilan gelar juara dunia.

Meski memutuskan pensiun usai MotoGP 2021, Rossi masih akan terlibat di MotoGP lewat tim Aramco VR46 yang akan melakoni debut di MotoGP 2021.

[Gambas:Video CNN]

"Semua pasti sedih kehilangan pembalap legenda yang handal sekaligus entertainer ulung dengan segala kecerdasan saat membalap dan juga keunikan saat seleberasi ketika [meraih] podium," ujar Happy.

Di sisi lain, Happy menjelaskan perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika sudah di atas 90 persen. Semua sudah sesuai dengan rencana dan hanya tinggal melengkapi yang kurang-kurang saja.

Sirkuit Mandalika juga akan menjadi salah satu lokasi digelarnya balapan MXGP dan Superbike tahun ini. Selain Mandalika, MXGP juga akan digelar di Bali dan Borobudur pada November 2021.

Sedangkan khusus Superbike berdasarkan jadwal digelar 13-14 Desember mendatang di Sirkuit Mandalika.

"MXGP bukan ranahnya MGPA tapi memang direncanakan ada di beberapa tempat di Indonesia seperti Borobudur, Bali dan Mandalika," ungkap Happy yang juga merupakan Plt Wakil Ketua Umum Bidang International Road Racing dan Event IMI (Ikatan Motor Indonesia).

"Namun saat ini kami masih menunggu keputusan dari pemerintah mengenai jumlah penonton yang diperbolehkan hadir dalam event tersebut atau ada keputusan terbaru dari pemerintah, kita tunggu saja," tutur Happy melanjutkan

Live streaming MotoGP Austria, 15 Agustus mendatang, bisa disaksikan melalui CNNIndonesia.com. Sementara siaran langsung melalui Trans7.

(ttf/jun)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK