Greysia-Apriyani jadi Nama Gedung Olahraga

CNN Indonesia | Sabtu, 14/08/2021 17:08 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengubah nama gedung olahraga di Kompleks PPOP Pasar Minggu menjadi 'Gedung Sasana Emas Greysia-Apriyani'. Greysia Polii/Apriyani Rahayu diabadikan menjadi nama gedung olahraga di Jakarta. (REUTERS/LEONHARD FOEGER)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengubah nama gedung olahraga di Komplek Pusat Pelatihan Olahraga Pelajar (PPOP) Pasar Minggu, jadi 'Gedung Sasana Emas Greysia-Apriyani'.

Pengubahan itu sebagai bentuk apresiasi terhadap prestasi Greysia Polii dan Apriyani Rahayu yang berhasil meraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020.

Anies mengatakan, capaian Greysia/Apriyani itu menjadi inspirasi nama 'Sasana Emas'. Ia berharap, nama itu dapat menginspirasi generasi muda untuk mampu mengikuti jejak Greysia/Apriyani.


"Greysia dan Apri, kami ingin nama ini dari kemarin. Kita mendiskusikan, karena ingin agar penghargaannya memberikan motivasi lintas generasi," kata Anies dalam keterangan tertulis, Sabtu (14/8).

"Dan membuat orang begitu melihatnya, saya 'ingin seperti dia, saya ingin membawa emas seperti dia,' lalu sampailah di kesimpulan kita beri nama Sasana Emas," ujarnya menambahkan.

Menurut Anies, ini bukan sekadar pemberian nama. Ini sebagai bentuk apresiasi karena pasangan ganda putri bulu tangkis itu mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Anies mengatakan, gedung ini juga memiliki sejarah khusus bagi Greysia. Menurut dia, gedung ini menjadi tempat awal Greysia mengikuti pelatihan di awal kariernya sebagai atlet.

Selain mengabadikan nama Greysia/Apriyani jadi gedung olahraga, Pemprov DKI juga memberikan uang tunai masing-masing Rp800 juta. Selain itu, DKI melalui Yayasan Pembangunan Jaya Raya memberikan masing-masing satu unit rumah beserta interior senilai Rp3,3 miliar.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Sehari sebelumnya, Greysia/Apriyani juga mendapat bonus dari Presiden Joko Widodo sebesar Rp5,5 miliar. Jumlah bonus yang diberikan itu naik Rp500 juta dari nilai yang dijanjikan sebelumnya.

Greysia/Apriyani tak hanya meneruskan catatan medali emas Indonesia di cabang olahraga badminton di pesta olahraga dunia tersebut, tetapi juga menjadi pasangan ganda putri pertama asal Indonesia yang berhasil menempati podium tertinggi di Olimpiade.

[Gambas:Video CNN]

(dmi/nva)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK