Klub Liga 1 Bisa Disanksi Jika Suporter Nekat ke Stadion

jun, CNN Indonesia | Senin, 23/08/2021 19:22 WIB
Klub kontestan Liga 1 2021/202 bisa dilarang bertanding jika suporter mereka melanggar aturan dengan hadir ke stadion. Klub Liga 1 bisa disanksi larangan pertandingan jika suporter nekat datang ke stadion. (Antara Foto/Andreas Fitri Atmoko)
Jakarta, CNN Indonesia --

Klub kontestan Liga 1 2021/202 bisa dilarang bertanding jika suporter mereka melanggar aturan dengan hadir ke stadion.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta suporter untuk memegang komitmen tidak menghadiri pertandingan di stadion demi mencegah potensi penyebaran Covid-19.

"Para pencinta bola kami persilakan untuk bisa menyaksikan pertandingan melalui media mainstream, televisi ataupun media yang memanfaatkan teknologi untuk bisa ditonton langsung," kata Listyo.


"Kami berharap itu betul-betul bisa dilaksanakan sehingga tidak mengganggu klub karena sudah ada kesepakatan. Kalau hal ini dilanggar, bakal ada sanksi bagi klub, mulai dari yang bersifat administrasi hingga tidak boleh mengikuti pertandingan," ujar Listyo menambahkan.

Kapolri juga mengatakan pihaknya bakal melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 yang perizinannya sudah diterbitkan.

"Tentunya kegiatan ini akan dievaluasi, jadi 3 kali kegiatan akan kita evaluasi," kata Listyo dalam konferensi pers, Senin (23/8).

Disampaikan Listyo, jika pelaksanaan Liga 1 dan Liga 2 tidak berdampak pada laju penyebaran Covid-19, maka akan dipertimbangkan soal penambahan lokasi pertandingan.

"Maka di minggu berikutnya akan ditentukan terkait dengan penambahan lokasi pertandingan ataupun kebijakan-kebijakan lain untuk memberikan kesempatan kegiatan ini akan terus berlanjut," tuturnya.

Namun, lanjut Listyo, jika angka penyebaran Covid-19 kembali meningkat, maka akan dilakukan evaluasi yang disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Diketahui, Polri telah memberikan izin penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 dengan penerapan aturan protokol kesehatan. Ini telah disepakati oleh PSSI dan para pemilik klub.

Dalam pelaksanaannya, kata Listyo, seluruh pertandingan di Liga 1 dan Liga 2 akan digelar tanpa penonton.

Kebijakan lainnya yakni para pemain dan ofisial yang akan berlaga juga harus sudah dua kali melaksanakan vaksinasi Covid-19.

Kemudian, satu hari sebelum pertandingan para pemain dan ofisial juga harus menjalani pemeriksaan atau tes PCR. Kemudian, setelah pertandingan pemain dan ofisial juga harus kembali melakukan tes PCR atau minimal swab antigen.

[Gambas:Video CNN]

(dis/jun)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK