Kronologi Izin Liga 1 Terbit

CNN Indonesia
Senin, 23 Aug 2021 18:27 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menerbitkan izin bergulirnya Liga 1 dan Liga 2 yang direncanakan berlangsung pada 27 Agustus. Liga 1 2021 akan berlangsung pada 27 Agustus mendatang. (ligaindonesiabaru.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menerbitkan izin bergulirnya Liga 1 dan Liga 2 yang direncanakan berlangsung pada 27 Agustus.

Keputusan ini mengakhiri penantian panjang bergulirnya kompetisi profesional di tanah air. Gelaran Liga 1 sempat beberapa kali tertunda pelaksanaannya.

Kick off Liga 1 semula direncanakan berlangsung pada 9 Juli 2021. Namun, kasus Covid-19 yang mengalami peningkatan membuat kick off Liga 1 mengalami penundaan sesuai dengan permintaan dari Satgas Covid-19.


Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru, Sudjarno, lantas mengatakan pihaknya merancang kick off Liga 1 yang tertunda menjadi 23 atau 30 Juli.

"PT LIB akan merancang kembali apakah tanggal 23 atau 30 kick-off. Dalam surat memang diminta penundaan hingga akhir Juli, namun jika perkembangan bagus, bisa kemungkinan maju," ucap Sudjarno beberapa waktu lalu.

Optimisme menggelar Liga 1 pada pertengahan atau akhir Juli yang digaungkan LIB kembali belum bisa terlaksana. Akan tetapi, rencana ini kembali harus ditunda karena pemerintah memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat level 4 di Pulau Jawa-Bali.

Sudjarno kemudian mengatakan rencana kick off Liga 1 yang baru akan dimulai pada 20 Agustus. Pernyataan Sudjarno itu diperkuat oleh PSSI.

PSSI menyatakan kompetisi Liga 1 akan dimulai pada 20 Agustus mendatang setelah berkonsultasi dengan Menpora, Zainudin Amali dan pihak Mabes Polri.

Menpora lantas menggelar konferensi pers pada 9 Agustus lalu. Dalam konferensi pers itu, Menpora menyatakan kick off Liga 1 akan berlangsung pada 27 Agustus, atau satu pekan lebih lama dari rencana PSSI menggelar Liga 1 pada 20 Agustus.

"Statement Menpora ini jadi pegangan buat mereka. Ini resmi. Sudah tinggal wujud yang akan diberikan dari polisi dalam bentuk izin keramaian dan BNPB juga akan menyampaikan rilisnya," kata Menpora.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Keinginan PSSI dan LIB menggelar kompetisi Liga 1 dan Liga 2 kemudian semakin menemui titik terang pada 19 Agustus. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengeluarkan surat rekomendasi bergulirnya Liga 1 dan Liga 2 yang diikuti dengan diterbitkan surat izin menggelar kompetisi oleh Polri pada hari ini, Senin (23/8).

Kapolri menuturkan izin ini berdasarkan hasil penilaian dan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan PPKM.

"Maka kami sepakat untuk memberikan persetujuan terkait dengan perizinan untuk dilaksanakan penyelenggaraan Liga 1 maupun Liga 2," kata Listyo dalam konferensi pers, Senin sore.

[Gambas:Video CNN]

(jal/jun)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER