ANALISIS

Drama Heboh Bursa Transfer Berkat Messi dan Ronaldo

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Rabu, 01/09/2021 10:25 WIB
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo jadi sorotan di bursa transfer awal musim 2021/2022 yang menyita perhatian dunia. Lionel Messi kini berkostum PSG. (REUTERS/BENOIT TESSIER)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bursa transfer awal musim 2021/2022 benar-benar ramai dengan ingar bingar nama besar, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Dua pesohor lapangan hijau itu menjadi fokus dalam pasar jual beli pemain yang berlangsung pada pertengahan tahun ini, sejak Juni dan Juli hingga 31 Agustus waktu setempat.

Beberapa negara di Eropa masih membuka kesempatan transfer hingga September, namun liga-liga top Eropa, seperti Inggris, Italia, Spanyol, Jerman, dan Prancis, sudah merampungkan proses pembelian pemain per malam tadi waktu Indonesia.


Sama seperti bursa transfer sebelum-sebelumnya, rumor-rumor yang mengaitkan sosok pemain tenar dengan klub-klub kesohor menjadi bumbu yang tak bisa dipisahkan dari persiapan awal musim.

Pemain-pemain elite macam Paul Pogba dan Kylian Mbappe, hingga nama-nama talenta muda seperti Erling Braut Haaland dan Eduardo Camavinga sempat muncul meramaikan awal bursa transfer.

Selain itu ada pula gosip-gosip kepindahan pemain terkait dengan kontrak yang habis. Georginio Wijnaldum, Memphis Depay, Sergio Aguero, Jerome Boateng, Sergio Ramos, Hakan Calhanoglu, Gianluigi Donnarumma, dan Messi lantas dihubungkan dengan kepindahan.

Paris Saint-Germain's Achraf Hakimi, left, Georginio Wijnaldum, second left, Gianluigi Donnarumma, center, Sergio Ramos, second right, and Lionel Messi pose during players presentation before the French League One soccer match between Paris Saint Germain and Strasbourg, at the Parc des Princes stadium in Paris, Saturday, Aug. 14, 2021. (AP Photo/Francois Mori)PSG merekrut pemain-pemain bebas transfer pada awal musim 2021/2022. (AP Photo/Francois Mori)

Beberapa pemain lantas diketahui bergabung dengan kesebelasan anyar. Wijnaldum, Ramos, Aguero, dan Depay sudah berganti kostum dan bahkan ada yang sudah mencatatkan menit bermain di klub baru.

Semua berjalan normal sampai kemudian sebuah kabar mengejutkan datang dari Barcelona mengawali drama di bursa transfer awal musim 2021/2022.

Blaugrana mengumumkan melepas Messi. Sesuatu yang mengagetkan karena sesaat sebelumnya seperti tidak ada masalah mengenai perpanjangan kontrak Messi yang sudah habis sejak akhir Juli.

Masalah finansial di Barcelona turut berimbas pada kepergian Messi, meski ada pula pihak yang menyorot klub tidak benar-benar serius ingin mempertahankan ikon yang sudah jatuh bangun bersama raksasa Catalunya itu sejak dua dekade lalu.

Untuk kali pertama seumur hidup di karier profesional, Messi akan berganti kostum. Sebuah kejadian langka yang benar-benar menyorot perhatian dunia. Paris Saint-Germain seperti mendapat durian runtuh dengan bergerak cepat tanpa saingan menadah Messi tanpa biaya transfer.

Belum selesai pembicaraan soal Messi, sekonyong-konyong muncul gosip Ronaldo yang berminat angkat kaki dari Juventus.

Nama PSG kembali mencuat sebagai salah satu klub yang ingin mendatangkan Ronaldo, begitu pula Manchester City. Seiring isu Ronaldo ke PSG, muncul pula efek berantai yang mengaitkan Mbappe bakal hengkang ke Real Madrid.

Banner Testimoni

Tidak kurang edan ketimbang kepindahan Messi ke PSG, Ronaldo malah santer dikabarkan bakal ke Man City yang merupakan pesaing dari Manchester United yang pernah membesarkan sosok pemilik label CR7 itu.

Ronaldo batal jadi pengkhianat. Manchester Biru tak benar-benar menginginkan jasa sang kapten Portugal dan Manchester Merah bekerja taktis mengamankan tanda tangan pemain veteran Liga Champions.

Sedangkan hingga detik-detik jelang penutupan bursa transfer, geger menunggu kepastian soal Mbappe dari PSG ke Madrid pun menjadi salah satu berita tersendiri selain kepindahan Saul Niguez ke Chelsea dan Antoine Griezmann ke Atletico Madrid.

Terlepas ada klub yang gagal mendapat pemain incaran atau tidak ada pemecahan rekor transfer hingga 31 Agustus, tetap saja bursa transfer kali ini tergolong ekstravaganza karena telah menghadirkan hiburan tersendiri melalui drama dua megabintang yang menua plus keterlibatan nama-nama besar lain.

Baca lanjutan artikel ini di halaman berikutnya...

Bursa Transfer Dampak Pandemi vs Gengsi

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK