Grup 'Neraka' Piala AFF 2020 Menunggu Timnas Indonesia

CNN Indonesia | Kamis, 16/09/2021 15:03 WIB
Timnas Indonesia dipastikan akan tergabung di grup 'neraka' dalam drawing Piala AFF 2020 (2021) karena berada di Pot 4. Timnas Indonesia akan berada di grup berat pada Piala AFF 2020. (media PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Timnas Indonesia akan tergabung di grup 'neraka' dalam drawing Piala AFF 2020 (2021). Drawing babak grup turnamen sepak bola terbesar di ASEAN ini akan berlangsung secara virtual dari Singapura pada Selasa (21/9).

Sejauh ini Konfederasi Sepak Bola ASEAN (AFF) belum merilis secara resmi pot drawing Piala AFF 2020, tetapi telah dibeberkan Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF). Dalam publikasi di laman resmi VFF, Indonesia berada di pot keempat bersama Kamboja.

Rincian drawing adalah pot satu ditempati Thailand dan Vietnam, pot dua dihuni Filipina dan Myanmar, pot tiga ada Malaysia dan Singapura, pot empat ditempati Indonesia dan Kamboja, dan pot lima milik Laos dan Timor Leste atau Brunei Darussalam.


Mengacu pot drawing tersebut Indonesia pasti akan berada di grup yang berat. Indonesia bisa satu grup dengan Vietnam, Filipina, dan Malaysia atau Thailand, Myanmar, dan Singapura atau Thailand, Filipina, dan Malaysia, dan lainnya.

Berkaca dari 12 edisi sebelumnya Timnas Indonesia kerap kesulitan jika tergabung dengan Thailand, Filipina, Malaysia, Vietnam dan Singapura.

Sejatinya tak ada tim yang belum pernah dikalahkan Indonesia selama tampil di Piala AFF. Namun Thailand dan Malaysia selalu jadi momok. Saat bertemu dua negara ini, Indonesia seperti kehilangan daya.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Dengan Thailand misalnya, Timnas Indonesia sudah bentrok 12 kali di kejuaraan yang awalnya bernama Piala Tiger ini. Dari 12 pertemuan Garuda Merah Putih hanya menang tiga kali, yakni pada edisi 1998 (posisi ketiga), 2010 (babak grup), dan 2016 (babak grup).

Lantas Timnas Indonesia bentrok delapan kali dengan Harimau Malaya, julukan Malaysia. Hasilnya empat kali dan empat kali menang. Indonesia biasanya bisa menumpas Malaysia saat babak grup, tetapi sebaliknya dalam laga semifinal atau final.

Untuk Vietnam, pada edisi-edisi awal Piala AFF, dominan kalah dari Indonesia. Namun, dalam satu dekade terakhir sepak bola negeri Paman Ho tersebut menjadi yang terdepan di ASEAN. Pada saat bersamaan Indonesia tak berkutik.

Kualifikasi Piala Dunia 2022 pun bisa jadi cerminan. Menghadapi Vietnam, Thailand, dan Malaysia, pencapaian terbaik negeri berpulau-pulau ini hanya sekali imbang atas Thailand. Karenanya bertemu ketiganya di Piala AFF 2020 bisa jadi 'neraka' buat Timnas Indonesia.

Pot Drawing Piala AFF 2020 (2021)

Pot 1: Vietnam, Thailand
Pot 2: Filipina, Myanmar
Pot 3: Malaysia, Singapura
Pot 4: Indonesia, Kamboja
Pot 5: Laos, Timor Leste/Brunei

[Gambas:Video CNN]

(abd/har)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK