Rekor Messi vs Lyon: Menang 5-1 dan Tak Pernah Kalah

CNN Indonesia | Minggu, 19/09/2021 18:33 WIB
Lionel Messi bisa kembali dimainkan sejak menit awal saat PSG vs Lyon pada pekan keenam Liga Prancis. Lionel Messi punya rekor apik lawan Lyon. (FRANCK FIFE / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lionel Messi berpeluang tampil kembali bersama Neymar dan Kylian Mbappe dalam Trio MMN saat Paris Saint-Germain (PSG) menjamu Olympique Lyon pada pekan keenam Liga Prancis di Parc des Princes, Senin (20/9) dini hari waktu Indonesia.

Messi tidak menunjukkan performa yang gemilang ketika tampil penuh untuk kali pertama bersama PSG saat melawan Club Brugge di Liga Champions, tengah pekan lalu.

Meski demikian cerita lain akan berbeda saat PSG vs Lyon pada lanjutan kompetisi Ligue 1. La Pulga bisa tampil lebih baik lantaran memiliki rekor mentereng melawan Lyon.


Dalam karier Messi, La Pulga enam kali melawan Lyon yang seluruhnya terjadi di Liga Champions saat masih berkostum Barcelona.

Dari enam pertandingan tersebut Messi tercatat tidak penah kalah dari Lyon, 3 kali menang dan 3 kali imbang. Kemenangan terbesar yang Messi rasakan atas Lyon adalah 5-1, yang terjadi pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2018/2019.

Messi kali pertama bertemu Lyon pada musim 2007/2008 di fase grup. Pada pertemuan pertama Messi mencetak satu gol dan memberikan satu assist dalam kemenangan 3-0 Blaugrana. Pada pertemuan kedua berakhir imbang 2-2 dan Messi kembali mencetak satu gol.

(From L) Paris Saint-Germain's Brazilian forward Neymar, Paris Saint-Germain's French forward Kylian Mbappe and Paris Saint-Germain's Argentinian forward Lionel Messi look on during the UEFA Champions League Group A football match Club Brugge against Paris Saint-Germain (PSG) at Jan Breydel Stadium in Bruges, on September 15, 2021. (Photo by KENZO TRIBOUILLARD / AFP)Trio MMN PSG mempunyai kans dimainkan sejak menit awal lawan Lyon. (AFP/KENZO TRIBOUILLARD)

Dua musim berikutnya Barcelona dan Messi lagi-lagi bertemu Lyon. Setelah bermain imbang 1-1 pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2008/2009 dan tidak mencetak gol, Messi menyumbang satu gol dalam kemenangan 5-2 Barcelona atas Lyon pada leg kedua.

Klub asal Catalunya itu pun melangkah ke babak perempat final dan akhirnya keluar sebagai juara usai mengalahkan Manchester United 2-0 di Olimpico.

[Gambas:Video CNN]

Musim terakhir Messi bersua Lyon dengan seragam Barcelona pada tiga musim lalu, 2018/2019. Barcelona lolos ke babak perempat final dengan agregat kemenangan 5-1 di leg kedua setelah kedua tim bermain imbang 0-0 di leg pertama.

Messi sendiri terlibat dalam empat dari lima gol Barcelona ke gawang Lyon di leg kedua tersebut, mengemas 2 gol dan memberikan 2 assist. Kemenangan 5-1 itu jadi yang terbesar dalam rekor pertemuan Messi melawan Lyon.

Kini Messi untuk kali pertama menghadapi Lyon dengan kostum PSG, atau yang ketujuh dalam kariernya di sepak bola. Penyerang 34 tahun itu berpotensi melanjutkan statistik apik melawan Les Gones.

(sry/har)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK