Menata Mimpi Bawa Pulang Piala Sudirman

ptr, CNN Indonesia | Jumat, 24/09/2021 06:38 WIB
Indonesia baru satu kali mengangkat Piala Sudirman. Kini, tiga dekade berselang mimpi membawa pulang trofi tersebut kembali coba diwujudkan. Indonesia bakal kembali berjuang merebut Piala Sudirman di 2021. (CNN Indonesia/Putra Permata Tegar)
Jakarta, CNN Indonesia --

Piala Sudirman hanya satu kali dimenangkan Indonesia ketika berstatus sebagai tuan rumah di 1989. Setelah itu, berbagai usaha memulangkannya tak pernah berujung bahagia.

Kemenangan Indonesia di Piala Sudirman 1989 adalah salah satu kemenangan fenomenal dalam sejarah olahraga negara ini. Kalah di dua laga awal dan Susy Susanti sudah kehilangan set pertama dan serta tertinggal 1-10 di set kedua, Susy lalu bisa memperpanjang napas Indonesia lewat kemenangan atas Lee Young Suk.

Kemenangan Susy memantik semangat Indonesia yang nyaris terjungkal. Indonesia lalu berbalik unggul 3-2 lewat kemenangan Eddy Kurniawan dan Eddy Hartono/Verawaty Fajrin di dua laga terakhir.


Setelah kemenangan fenomenal tersebut, Indonesia tak pernah lagi mendekap hangat Piala Sudirman.

Dalam periode emas badminton Indonesia di era 90-an, skuad Merah-Putih juga harus puas berkali-kali hanya tampil sebagai runner up.

Banner Testimoni

Puasa gelar Indonesia di Sudirman Cup terus berlanjut hingga gelaran terakhir di 2019. Saat itu Indonesia harus terhenti di babak semifinal.

Kini, skuad Indonesia telah tiba di Vantaa, Finlandia dengan misi membawa pulang Piala Sudirman pada turnamen yang digelar 26 September hingg 3 Oktober mendatang.

Kemenangan di Piala Sudirman adalah sebuah hal sangat dirindukan. Tiga dekade telah berlalu dan rindu menggenggam Piala Sudirman menantang untuk dituntaskan.

Selamat berjuang!

 

[Gambas:Video CNN]



(ptr/har)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK