Liga 2 2021 Naik Pamor Berkat Para 'Sultan'

M Rizki Haerullah, CNN Indonesia | Sabtu, 25/09/2021 10:20 WIB
Liga 2 2021 dipastikan tak kalah pamor dari Liga 1 berkat kehadiran sejumlah pesohor atau sultan yang 'menyulap' klub biasa menjadi klub mewah. Kehadiran Rans Cilegon FC menyemarakkan Liga 2 2021. (CNN Indonesia/ Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Liga 2 2021 dipastikan tak kalah pamor dari Liga 1 berkat kehadiran sejumlah pesohor atau 'sultan' yang menyulap klub biasa menjadi klub mewah.

Kini, mulai selebritis, YouTuber, putra presiden, pengusaha hingga pejabat memiliki saham di klub Liga 2. Mereka pun tak segan-segan menggelontorkan dana besar untuk membangun kekuatan tim yang diidam-idamkan.

Hal itu menjadikan persaingan Liga 2 2021 menarik untuk ditunggu. Terutama persaingan yang melibatkan klub-klub milik para 'sultan'.


Kini ada lima klub yang dimiliki investor baru berlabel 'sultan'. Mereka adalah Rans Cilegon FC, Persis Solo, Dewa United, AHHA PS Pati, dan PSPS Riau.

Cilegon United FC diakuisisi selebritas sekaligus pemilik RANS Entertainment Raffi Ahmad yang menggandeng pengusaha mobil mewah, Rudy Salim dan Wakil Direktur Utama Garuda Indonesia Dony Oskaria.

Lalu ada Persis Solo yang diakuisisi tiga investor baru yaitu putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, Kevin Nugroho, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Kemudian ada Martapura FC yang bertransformasi menjadi Dewa United setelah diakusisi Mahendra Agakhan Thohir, Garibaldi Thohir, dan Kevin Hardiman. Garibaldi Thohir adalah orang yang masuk daftar 20 orang terkaya di Indonesia 2020 versi Forbes.

Selain itu,pengusaha dan YouTuber Atta Halilintar juga ikut meramaikan kancah sepak bola nasional dengan mengakuisisi klub PSG Pati. Ia juga resmi mengubah nama klub menjadi AHHA PS Pati FC.

Sementara PSPS Riau juga telah diakuisisi pengusaha kaya raya asal Malaysia, Norizam Tukiman. Meski tidak setenar nama-nama di atas, Norizam Tukiman yang memiliki bisnis di bidang perhotelan, investasi, hingga restoran itu diyakini mampu memperbaiki finansial klub PSPS yang selama beberapa tahun terakhir mengalami krisis keuangan.

Tak pelak kehadiran para 'sultan' yang mengakuisisi klub Liga 2 tersebut bakal membuat pertarungan di kasta kedua semakin lebih menarik dan semarak.

Tim-tim eks-Liga 1 macam PSMS Medan, Sriwijaya FC, Semen Padang FC, Persiba Balikpapan, dan PSIM Yogyakarta pun tak bisa diremehkan. Mentalitas dan pengalaman mereka di Liga Indonesia menjadi kekuatan pembeda.

Liga 2 2021 benar-benar memiliki daya tarik baru bagi para investor untuk terjun ke sepak bola Tanah Air. Salah satu buktinya adalah seluruh pertandingan Liga 2 akan disiarkan langsung di televisi setiap hari. Ini artinya Liga 2 2021 memiliki nilai komersial yang baik.

Liga 2 2021 dijadwalkan berlangsung mulai 26 September hingga 19 Desember 2021, dengan 24 kontestan dibagi ke dalam empat grup, format pertandingan double round robin atau kompetisi penuh.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Pembagian Grup dan Tuan Rumah Liga 2 2021/2022

Grup A (Stadion Jakabaring): Sriwijaya FC, PSPS Riau, AS Abdi 3 Naga, Semen Padang FC, Babel United
Grup B (Stadion Madya): Martapura Dewa United, Perserang, Rans Cilegon FC, Badak Lampung, PSKC, Persekat
Grup C (Stadion Manahan): Persis, Persijap, PSCS, PSIM Yogyakarta, Hizbul Wathan, PSG Pati
Grup D (Stadion Tuah Pahoe): Kalteng Putra, Mitra Kukar, Persiba, Sulut United, PSBS Biak, Persewar

[Gambas:Video CNN]

(rhr/jun)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK