Alasan Rusia Patut Diwaspadai Indonesia di Piala Sudirman

CNN Indonesia
Sabtu, 25 Sep 2021 14:04 WIB
Tim bulutangkis Indonesia tetap harus mewaspadai Rusia yang dianggap sebagai underdog di Grup C Piala Sudirman 2021. Atlet badminton Rusia Vladimir Malkov jadi salah satu pemain yang harus diwaspadai Indonesia di Piala Sudirman 2021. (AFP/WANG ZHAO)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tim bulutangkis Indonesia tetap harus mewaspadai Rusia yang dianggap sebagai underdog di Grup C Piala Sudirman 2021.

Indonesia tampil dengan kekuatan penuh di Piala Sudirman 2021 dengan memboyong 20 pemain terbaik yang ada di jajaran peringkat dunia BWF. Begitu juga dengan Rusia yang membawa deretan pemain terbaiknya.

Melihat hasil di Piala Sudirman terakhir yang digelar di Nanning, China 2019 lalu, Rusia tampil sebagai momok berbahaya yang hampir saja mengalahkan Jepang sebagai tim favorit juara di pertandingan pertama fase grup kala itu. Rusia berhasil mencuri dua poin dari Jepang lewat tunggal putra mereka, Vladimir Malkov yang mengalahkan Kenta Nishimoto.


Malkov kemungkinan besar akan berhadapan dengan Anthony Sinisuka Ginting yang jadi tunggal putra pertama Indonesia di Piala Sudirman 2021. Sejauh ini, keduanya tercatat belum pernah berjumpa di turnamen apapun.

Selain itu ganda putra Rusia, Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov juga berhasil mengalahkan ganda putra unggulan Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dalam dua gim langsung di edisi 2019.

Seperti diketahui, ganda putra Jepang itu sampai sekarang masih menjadi momok buat tunggal putra Indonesia yang berada di urutan satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon maupun Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di urutan kedua.

Namun, dalam head to head pertemuan, Kevin/Marcus unggul 6-0 atas pasangan Ivanov/Ivan. Terakhir kali kedua pasangan bertemu di Thailand Open 2019 dengan hasil akhir 21-14, 21-10 untuk Minions.

Terlebih, selain tiga nama tersebut, Rusia juga membawa dua amunisi tambahan baru di ganda campuran mereka, yakni Rodion Alimov/Alina Davletova. Untuk diketahui, Alimov/Davletova merupakan juara Eropa pada Mei 2021 lalu.

Keduanya merupakan pasangan ganda campuran pertama Rusia yang berhasil menjadi juara di Kejuaraan Eropa. Tak hanya itu, Alimov/Davletova saat ini berada di peringkat 20 dunia atau berada satu peringkat dari pasangan ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari.

Di sisi lain, pasangan Rusia itu tidak lebih baik dari ranking ganda campuran andalan Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva. Berada di urutan keempat dunia, Praveen/Melati unggul head to head 1-0 atas Alimov/Davletova pada pertemuan pertama dan terakhir di India Open 2019.

Di sektor ganda putri, Evgeniya Kosetskaya yang dinilai punya performa yang cukup baik tahun ini dipercaya bisa membuka peluang besar buat Rusia merasakan tempat di perempat final Piala Sudirman untuk pertama kalinya.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Sebab itu, Rusia patut diwaspadai Tim Indonesia yang akan berjumpa di laga perdana Grup C di Energia Areena, Vantaa, Finlandia, Minggu (26/9). Pertandingan Indonesia melawan Rusia di Piala Sudirman akan disiarkan langsung di TVRI, Minggu (26/9) pukul 20.00 WIB.

[Gambas:Video CNN]

(TTF/rhr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER