PIALA SUDIRMAN 2021

Marcus Gideon Ingin Akhiri Kutukan 32 Tahun Indonesia

CNN Indonesia | Senin, 27/09/2021 10:45 WIB
Pebulutangkis ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon berambisi mengakhiri kutukan 32 tahun Indonesia di ajang Piala Sudirman 2021. Marcus Gideon (kanan) berambisi membawa gelar Piala Sudirman 2021 ke Indonesia. (Dok. PBSI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pebulutangkis ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon berambisi mengakhiri kutukan 32 tahun Indonesia di ajang Piala Sudirman. Marcus yakin Indonesia punya peluang menang di Piala Sudirman 2021.

Sudah lebih dari tiga dekade Indonesia gagal menjadi juara Piala Sudirman sejak kali pertama merebut gelar pada 1989 atau 32 tahun yang lalu. Padahal turnamen bulutangkis beregu campuran itu diambil dari nama tokoh badminton Indonesia, Dick Sudirman.

Marcus tidak memungkiri gelar Piala Sudirman sudah lama tidak mampu direbut Indonesia. Piala Sudirman 2021 menjadi momen tepat bagi tim Indonesia untuk merebut kembali gelar tersebut.


"Kami ingin membawa Piala Sudirman ke Indonesia. Piala tersebut dinamai Dr. Sudirman yang berasal dari Indonesia. Saya pikir kami memiliki kemungkinan untuk menang. Kami sangat siap untuk Tur Eropa ini," ujar Marcus usai laga Indonesia vs Rusia dikutip dari situs resmi BWF.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Badminton meraih banyak prestasi secara individu dalam beberapa dekade terakhir. Terakhir ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu sukses menyabet medali emas Olimpiade Tokyo 2020.

Namun secara tim, Indonesia tidak pernah merebut gelar bergengsi sejak menjadi juara Piala Thomas 2002. Marcus mengaku ingat momen ketika terakhir Indonesia menjadi juara pada Piala Thomas 2002.

"Saya pikir sudah lama [terakhir Indonesia menjadi juara]. Di Piala Thomas juga sudah lama Indonesia menjadi juara, pada 2002. Jadi semua pemain Indonesia berpikiran yang sama. Mereka ingin membawa kembali trofi. Saya ingat waktu menonton Indonesia juara Piala Thomas di 2002. Itu benar-benar memotivasi saya dan rekan satu tim," ucap Marcus.

Indonesia memulai Piala Sudirman 2021 dengan kemenangan 5-0 atas Rusia di laga pertama Grup C. Selanjutnya Hendra Setiawan dan kawan-kawan akan ditantang Kanada hari ini, Senin (27/9).

[Gambas:Video CNN]

(TTF/har)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK