PSSI: Singapura dan Thailand Tuan Rumah Piala AFF 2021

ptr, CNN Indonesia | Selasa, 28/09/2021 10:55 WIB
Ketua PSSI Mochamad Iriawan menyebut Singapura dan Thailand sebagai tuan rumah Piala AFF 2020 yang berlangsung di akhir tahun 2021. Timnas Indonesia bakal berlaga di Piala AFF pada akhir tahun. (Dok PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule membenarkan Singapura dan Thailand bakal menjadi tuan rumah penyelenggara Piala AFF 2020.

Piala AFF sedianya digelar pada akhir 2020 lalu. Namun, ASEAN Football Federation (AFF) memutuskan untuk menundanya akibat kondisi pandemi Covid-19 di kawasan Asia Tenggara yang masih tinggi.

AFF kemudian membuat perencanaan ulang untuk menggelar Piala AFF 2020 pada 5 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022. Jadwal ini yang sampai sekarang belum ada perubahan.


Dalam informasi yang diunggah akun Instagram @theaseanfootball disebutkan bahwa ada lima negara yang sebelumnya mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala AFF 2020. Mereka adalah Kamboja, Laos, Singapura, Filipina dan Thailand.

Namun hanya Singapura dan Thailand yang disebut memenuhi enam kriteria yang telah ditetapkan AFF.

Enam kriteria itu yakni, dukungan pemerintah, dalam kondisi aman dan sehat, minim peluang untuk kembali membatalkan turnamen, memberikan manfaat untuk menjadi partner dan punya fasilitas dan penyelenggara yang berpengalaman.

"Betul [Singapura dan Thailand] jadi tuan rumah Piala AFF 2021," kata Iwan Bule singkat kepada CNNIndonesia.com, Selasa (28/9).

Sebelumnya, Indonesia juga diakui Iwan Bule sempat berniat dan mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala AFF. Namun saat bidding dilakukan, Indonesia masih belum bisa menerima kedatangan tamu dari negara lain akibat pandemi Covid-19.

Banner Testimoni

"[Indonesia tidak bisa ikut bidding karena] Pada saat dilakukan bidding ada larangan atau pembatasan orang asing masuk ke Indonesia," jelas Iwan Bule.

Dari hasil drawing yang digelar secara virtual di Singapura, Selasa (21/9), Indonesia berada di Grup B Piala AFF 2020 bersama dengan Vietnam, Malaysia, Kamboja dan Laos.

[Gambas:Video CNN]



(TTF/ptr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK