Resmi: Singapura Jadi Tuan Rumah Piala AFF 2021

CNN Indonesia | Selasa, 28/09/2021 19:12 WIB
Singapura diputuskan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala AFF 2020 yang akan berlangsung 5 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022. Timnas Indonesia ketika tampil di penyelenggaraan Piala AFF terakhir, tiga tahun silam. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) mengumumkan Singapura menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala AFF 2020 yang akan berlangsung 5 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022.

Penyelenggaraan Piala AFF kali ini berbeda dibanding format yang biasa digunakan dengan melibatkan banyak negara sebagai tuan rumah. Hal tersebut tidak terlepas dari keadaan pandemi yang turut melanda kawasan Asia Tenggara.

"Kami dengan senang hati mengumumkan Singapura sebagai negara tuan rumah AFF Suzuki Cup 2020. Kami menerima banyak tawaran menarik dari Asosiasi Anggota kami dan Dewan AFF harus membuat keputusan yang sulit untuk memilih. Dengan prioritas utama kami adalah kesehatan dan keselamatan semua orang yang terlibat, pada akhirnya ini adalah faktor penentu saat menilai tawaran," uja Presiden AFF, Mayor Jenderal Khiev Sameth.


"Sekarang, dengan keputusan yang telah dibuat, kami dapat memfokuskan upaya kami untuk bekerja sama dengan Asosiasi Sepak Bola Singapura untuk memastikan bahwa acara tersebut diselenggarakan dengan aman dan dapat menghidupkan kegembiraan sepak bola dan semangat para penggemar di ASEAN. Kami berharap dapat membawa permata mahkota sepak bola ASEAN kepada semua penggemar kami di seluruh kawasan," sambungnya.

Presiden Asosiasi Sepak Bola Singapura, Lim Kia Tong, menyatakan terima kasih atas kepercayaan AFF memberi kesempatan menjadi tuan rumah.

"Kerja keras dimulai dari sekarang dan kami akan melakukan segala daya kami, bekerja sama dengan AFF serta dengan pemerintah Singapura, yang gigih dalam mendukung pencalonan, dan otoritas lainnya untuk memastikan acara yang aman dan terjamin untuk semua peserta, ofisial, dan penggemar sepak bola ASEAN," kata Tong.

Pemilihan Singapura sebagai tuan rumah diputuskan dalam pertemuan virtual Dewan AFF pada Selasa (28/9).

Banner Live Streaming MotoGP 2021

AFF telah mengambil keputusan untuk menyelenggarakan seluruh turnamen tahun ini secara terpusat bukan dengan format kandang dan tandang seperti biasanya sehingga turnamen dapat digelar dengan cara yang paling aman dan mengutamakan kesehatan dan keselamatan semua tim, pemain, pelatih, staf, dan fan.

Disebutkan pula tidak ada perubahan pada format kompetisi utama dengan masing-masing peserta akan memainkan empat pertandingan dalam sistem round robin di babak grup. Setelah itu semifinal dan final akan dimainkan dalam dua leg.

Dari hasil drawing yang digelar secara virtual di Singapura, Selasa (21/9), Indonesia berada di Grup B Piala AFF 2020 bersama dengan Vietnam, Malaysia, Kamboja dan Laos.

[Gambas:Video CNN]

(nva/jun)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK