Dugaan Sepak Bola Gajah PON Papua Kaltim vs Aceh Bakal Diusut

CNN Indonesia
Selasa, 05 Oct 2021 13:07 WIB
PB PON Papua memastikan bakal mengusut dugaan sepak bola gajah di pertandingan Kalimantan Timur vs Aceh. Pertandingan Kaltim vs Aceh di PON Papua. (ANTARA FOTO/ZABUR KARURU)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua II Panitia Besar (PB) PON Papua Roi Letlora memastikan bakal mengusut dugaan 'sepak bola gajah' di pertandingan Kalimantan Timur vs Aceh.

Di laga itu Aceh mengalahkan Kaltim dengan skor 3-2 di Stadion Barnabas Youwe, Sentani, Jayapura, Senin (4/10). Aceh memastikan kemenangan lewat gol bunuh diri pemain Kaltim, Risky Romadan.

Saat itu Risky menendang bola ke gawang sendiri setelah peluang yang didapat Aceh mampu dimentahkan kiper Kaltim, Agus Susanto.


Gol bunuh diri itu yang lantas dicurigai sebagai dugaan praktek 'sepak bola gajah'. Terlebih, kemenangan yang diraih Aceh membuat mereka lolos ke babak selanjutnya bersama Kaltim dari Grup C, sementara Sulawesi Utara yang semula punya peluang lolos harus rela masuk kotak.

Andai Kaltim dan Aceh bermain imbang, maka Sulut sudah bisa dipastikan lolos ke babak selanjutnya.

Roi Letlora mengatakan akan segera berkoordinasi untuk mengusut hasil pertandingan Aceh vs Kaltim. Namun demikian, ia meminta semua pihak untuk lebih dulu berpikir positif sebelum ada hasil dari investigasi yang dilakukan pihak PB PON.

"Kita harus berpikir positif dulu. PB PON akan berkoordinasi dengan panitia pertandingan. Kami tidak bisa diam, kami juga tidak bisa tutup mata," ucap Roi melalui sambungan telepon.

"Tapi kami akan lebih dulu melakukan investigasi dulu kalau ada indikasi ke sana [kecurangan]. Ini harus cepat, karena hasil juga kan mempengaruhi."

Sementara itu Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan atau Iwan Bule setelah meminta Sekjen PSSI Yunus Nusi yang berada di Papua untuk memonitor pertandingan sepak bola selama PON.

"Kami nanti akan meminta laporan dari technical delegate dan pengawas pertandingan PON Papua atas pertandingan PON Aceh vs PON Kaltim," kata Yunus Nusi kepada CNNIndonesia.com.

[Gambas:Video CNN]

(jal/jal)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER