Jabar Hampir Pasti Juara Umum PON, RK Bicara Pembinaan Atlet

CNN Indonesia
Kamis, 14 Oct 2021 02:57 WIB
Kontingen Jabar berpeluang besar mempertahankan gelar juara umum PON di PON Papua 2021, Gubernur Jabar Ridwan Kamil bicara soal pembinaan atlet. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bicara pembinaan atlet jelang Jabar jadi calon kuat juara umum PON Papua 2021. (Dok. Pemprov Jabar)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kontingen Jawa Barat (Jabar) berpeluang besar mempertahankan gelar juara umum Pekan Olahraga Nasional (PON) di PON Papua 2021, Gubernur Jabar Ridwan Kamil (RK) ungkap soal pembinaan atlet.

Tiga hari menjelang penutupan PON Papua, Jabar masih kokoh di puncak klasemen perolehan medali dan belum bisa dikejar dari pesaing terdekatnya, yakni Jawa Timur dan DKI Jakarta.

Dilihat dari laman ponxx2021papua.com pada Rabu (13/10) pukul 20.30 WIB, Jabar meraup total sebanyak 323 medali, terdiri dari 123 emas, 95 perak, dan 105 perunggu. Jabar mengungguli Jawa Timur, DKI Jakarta, dan tuan rumah Papua.


Melihat pencapaian tersebut, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengungkapkan Jabar telah memiliki sistem pembinaan olahraga usia dini. Di antaranya Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) di tingkat kabupaten/kota hingga provinsi yang bertujuan untuk mencari bakat-bakat di bidang olahraga sejak usia dini.

Melalui Popda, bibit-bibit atlet disaring untuk dibina kembali di Pusat Pendidikan dan Latihan Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP).

"Setelah disaring dari pekan pelajar itu kita punya PPLP. Jadi, anak-anaknya ditarik ke sekolah khusus yang memprioritaskan kesehariannya dalam olahraga. Sambil dia disetarakan pendidikan formalnya," kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (13/10).

Emil, sapaan Ridwan Kamil, mengapresiasi pencapaian kontingen Jabar di ajang PON Papua sejauh ini. Apalagi mengingat PON yang tinggal menyisakan sejumlah pertandingan, sementara Jabar punya potensi besar untuk menjadi juara umum.

"Kami belum bisa berandai-andai, tapi kalau lihat matematikanya per tadi pagi sudah berbeda 12 emas dengan ranking dua dan masih ada rombongan peraih emas lagi sekitar 20-an mengantre untuk tampil di final," ujarnya.

Banner Live Streaming MotoGP 2021Foto: CNN Indonesia/Timothy Loen

Mantan Wali Kota Bandung ini berharap kontingen Jabar terus meraih medali di PON XX Papua 2021. Keberhasilan para atlet Jabar terlecut untuk membuktikan diri mampu mempertahankan status juara bertahan.

"Andai tidak ada halangan, kita bisa meraih lagi juara umum dan tanggapan saya kalau terjadi ya ini bukti bahwa kita bukan jago kandang kira-kira begitu," cetusnya.

[Gambas:Video CNN]



(hyg/rhr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER