Indonesia vs Thailand di Uber Cup: Merah Putih Kalah Tipis

CNN Indonesia | Kamis, 14/10/2021 14:16 WIB
Indonesia dan Thailand jarang bertemu di Uber Cup, namun dalam dua edisi terakhir Gregoria Mariska dan kawan-kawan gagal meraih kemenangan. Gregoria Mariska berpengalaman menghadapi Thailand di Uber Cup. (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Indonesia akan bertemu Thailand dalam perebutan tiket semifinal Uber Cup 2021 yang akan berlangsung di Ceres Arena, Jumat (15/10) dini hari waktu Indonesia. Berikut head to head Indonesia vs Thailand di Uber Cup.

Pertemuan Indonesia vs Thailand di Uber Cup baru terjadi tiga kali, yakni pada 1994, 2016, dan 2018.

Dari tiga pertemuan itu, Indonesia menang 5-0 pada fase grup Uber Cup 1994 dengan materi pemain antara lain Susy Susanti, Lili Tampi/Finarsih, dan Mia Audina.


Indonesia dan Thailand tak bertemu lebih dari 10 tahun. Pertemuan kembali terjadi pada fase grup Uber Cup 2016.

Saat itu Gregoria Mariska yang saat ini menjadi tulang punggung tim Uber Indonesia juga turut bermain. Gregoria menyumbang poin terakhir tim Merah Putih dengan mengalahkan Nitchaon Jindapon saat Indonesia kalah 2-3

Duel Indonesia vs Thailand kembali terjadi pada babak perempat final pada penyelenggaraan Uber Cup 2018.

Pada pertemuan ketiga ini, Thailand dan Indonesia silih berganti memimpin. Ratchanok Intanon membawa Thailand unggul setelah mengalahkan Fitriani. Setelah itu, kemenangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan Gregoria Mariska Tunjung membalikkan skor menjadi 2-1 untuk Indonesia.

Thailand memastikan melangkah ke semifinal Uber Cup 2018 setelah Puttita Supajirakul/Sapsiree Taerattanachai dan Busanan Ongbamrungphan menang.

Susunan pemain Thailand sejak 2016 hingga kini tidak banyak berubah. Dalam Uber Cup 2016 dan 2018, Thailand benar-benar mengandalkan pemain yang sama untuk menghadapi Indonesia dengan perubahan susunan pemain.

Banner Testimoni

Sementara di Uber Cup 2021, mayoritas pemain yang mengalahkan Indonesia pada dua edisi sebelumnya juga masih bertahan. Hanya Nitchaon Jindapol yang tidak dibawa. Sementara Ratchanok, Busanan, Jongkolphan/Rawinda, dan Puttita/Sapsiree, ada dalam tim.

Sementara Indonesia melakukan perubahan yang cukup besar dibanding susunan pemain tiga tahun lalu dengan menyisakan Greysia/Apriyani dan Gregoria Mariska di tim.

Head to Head Indonesia vs Thailand di Uber Cup:

1994 Indonesia 5-0 Thailand (fase grup)
2016 Thailand 3-2 Indonesia (fase grup)
2018 Thailand 3-2 Indonesia (perempat final)

[Gambas:Video CNN]

(nva/sry)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK