Thomas Cup: Indonesia Hanya Gagal Sekali di Perempat Final

CNN Indonesia | Kamis, 14/10/2021 17:52 WIB
Sejak format Thomas Cup menggunakan babak perempat final pada 2004, Indonesia hanya sekali gagal menembus semifinal. Hendra Setiawan dan Muhammad Ahsan pernah merasakan kekalahan di perempat final Thomas Cup. (Dok. Humas PBSI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejak format Thomas Cup menggunakan babak perempat final pada 2004, Indonesia hanya sekali gagal menembus semifinal.

Tim Thomas Cup Indonesia memastikan tiket babak perempat final dengan status juara grup usai menang atas Aljazair, Thailand, dan Taiwan.

Finis di posisi teratas Grup A, Hendra Setiawan dan kawan-kawan bakal menghadapi runner up grup lain.


Indonesia memiliki catatan cukup bagus di babak perempat final. Dari delapan pertandingan perebutan tiket semifinal yang dilewati sejak 2004, Indonesia menang tujuh kali.

Satu-satunya kekalahan Indonesia di perempat final Thomas Cup terjadi pada edisi 2012 ketika kejuaraan beregu putra itu berlangsung di Wuhan, China.

Diperkuat Simon Santoso, Taufik Hidayat, Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan, Indonesia gagal membendung Kenichi Tago dan kawan-kawan dan harus menerima kekalahan 2-3.

Saat itu Hendra dan Ahsan masih bermain dengan pasangan masing-masing. Hendra menjadi pasangan Markis Kido, sementara Ahsan bersama Alvent Yulianto.

Selain kekalahan sembilan tahun lalu, Indonesia selalu keluar sebagai pemenang pada babak perempat final. Indonesia tercatat dua kali mengalahkan Malaysia, serta masing-masing sekali mematahkan perlawanan Jepang, Inggris, India, Korea Selatan, dan Hong Kong.

Dalam perempat final Thomas Cup edisi 2018, Indonesia menang 3-1 atas Malaysia. Kekalahan Anthony Sinisuka Ginting dari Lee Chong Wei lantas dibalas Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Jonatan Christie, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Banner Testimoni

Catatan Laga Perempat Final Tim Indonesia di Thomas Cup:

2004 Indonesia 3-1 Malaysia (terhenti di semifinal lawan Denmark)
2006 Indonesia 3-1 Jepang (terhenti di semifinal lawan China)
2008 Indonesia 3-0 Inggris (terhenti di semifinal lawan Korsel)
2010 Indonesia 3-0 India (runner up kalah dari China)
2012 Indonesia 2-3 Jepang
2014 Indonesia 3-2 Korsel (terhenti di semifinal lawan Malaysia)
2016 Indonesia 3-1 Hong Kong (runner up kalah dari Denmark)
2018 Indonesia 3-1 Malaysia (terhenti di semifinal lawan China)

[Gambas:Video CNN]



(jal)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK