3 Tanda Indonesia Bisa Juara Thomas Cup

CNN Indonesia
Minggu, 17 Oct 2021 14:11 WIB
Sejumlah tanda membuka kans Indonesia juara Thomas Cup 2020 (2021) dengan mengalahkan China pada laga final di Ceres Arena, Minggu (17/10). Indonesia memiliki kans juara Thomas Cup 2021. (AP/Claus Fisker)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah tanda membuka kans Indonesia juara Thomas Cup 2020 (2021) dengan mengalahkan China pada laga final di Ceres Arena, Minggu (17/10).

Indonesia kembali bertemu China pada partai puncak Thomas Cup. Laga nanti merupakan yang keenam bagi Indonesia vs China di final Thomas Cup.

Pertandingan final Thomas Cup 2020 Indonesia vs China akan disiarkan langsung stasiun televisi nasional TVRI pada pukul 18.00 WIB.


Tim Merah Putih ke final setelah menyingkirkan Denmark 3-1 pada babak semifinal, sedangkan Negeri Tirai Bambu ke final dengan mengempaskan Jepang 3-1.

Indonesia's Anthony Sinisuka Ginting returns the shuttlecock to Denmark's Viktor Axelsen during a mens single match in the Thomas Cup mens team Badminton semifinal match between Denmark and Indonesia, in Aarhus, Denmark, Saturday Oct. 16, 2021. (Claus Fisker/Ritzau Scanpix via AP)Indonesia ke final Thomas Cup usai singkirkan Denmark. (AP/Claus Fisker)

Dengan melangkah ke final, Indonesia mempunyai peluang mengakhiri puasa gelar Thomas Cup selama hampir 20 tahun. Kali terakhir Indonesia juara Thomas Cup pada 2002 silam. Sedangkan China merupakan juara bertahan Thomas Cup.

Berdasarkan rapor pertemuan di final, Indonesia masih kalah dari China. Dalam lima duel sebelumnya di final Thomas Cup, Indonesia hana menang 2 kali, sedangkan China 3 kali menang. Meski demikian, sejumlah tanda mendukung Indonesia juara Thomas Cup tahun ini.

3 Tanda Indonesia Bisa Juara Thomas Cup:

1. Rekor Juara

Indonesia merupakan pemegang rekor juara Thomas Cup terbanyak dengan 13 kali mengangkat trofi dari 19 kesempatan di final. Itu artinya Tim Merah Putih 6 kali gagal di final Thomas Cup. Sementara itu China di posisi kedua sebagai juara Thomas Cup terbanyak dengan 10 kali dari 12 kesempatan.

[Gambas:Video CNN]

2. Tren Bagus

Pada Thomas Cup 2020 Indonesia memiliki rapor penampilan bagus. Salah satunya sukses comeback usai tertinggal. Tercatat Indonesia dua kali comeback di Thomas Cup 2020 usai tertinggal. Catatan itu bisa menambah kepercayaan diri skuad Indonesia di final.

Saat melawan Thailand di fase grup, Indonesia tertinggal dua kali, 0-1 dan 1-2, namun bisa keluar sebagai pemenang dengan skor 3-2. Pada semifinal melawan Denmark, Indonesia juga tertinggal 0-1 lebih dulu, tetapi akhirnya jadi pemenang lewat skor 3-1.

3. Magis Singkirkan Denmark

Sejak era 1990-an, Indonesia tiga kali bertemu Denmark di semifinal. Dari tiga pertemuan itu Indonesia dua kali mengalahkan Denmark di semifinal, pada 2000 (3-2) dan 2002 (3-0).

Menariknya, setiap kali Indonesia menyingkirkan Denmark di semifinal, Tim Merah Putih selalu juara Thomas Cup, 2000 dan 2002.



(sry/nva)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER