Kasus Tes PCR Palsu Muncul Jelang MotoGP Emilia Romagna

CNN Indonesia
Kamis, 21 Oct 2021 14:09 WIB
Salah satu mekanik Avintia Esponsorama Racing dihukum pihak Dorna Sports karena memalsukan hasil tes PCR Covid-19 sebelum MotoGP Emilia Romagna. Mekanik Avintia Esponsorama memalukan tes PCR jelang MotoGP Emilia Romagna. (Dorna Sports)
Jakarta, CNN Indonesia --

Salah satu mekanik tim Avintia Esponsorama Racing dihukum pihak Dorna Sports karena memalsukan hasil tes PCR Covid-19 sebelum MotoGP Emilia Romagna 2021 di Misano, pada Rabu (20/10).

Mekanik Avintia yang tidak disebutkan namanya diketahui memalsukan hasil tes dari laboratorium Quiron di Spanyol pada Senin (18/10). Ini dilakukan agar bisa masuk ke paddock MotoGP Emilia Romagna pada akhir pekan ini.

Asosiasi Tim MotoGP (IRTA) lantas memberi sanksi pada mekanik tersebut larangan mengakses paddock MotoGP hingga akhir MotoGP 2021. Hukuman ini bisa diperpanjang jika IRTA menghendaki.


Usai kejadian ini Avintia langsung membuat pernyataan resmi. Isinya memecat secara tidak hormat mekanik tersebut untuk menjaga integritas tim. Protokol kesehatan Covid-19 dinilai bagian penting dalam balapan.

"Avintia Esponsorama Racing sepenuhnya patuh pada semua tindakan Dorna dan IRTA, serta kebijakan tim dan kode etik harus dipatuhi semua anggota, termasuk mekanik, teknisi, anggota keluarga, sponsor, atau siapa pun yang dekat dengan tim," tulis Avintia dilansir Autosport.

"Kami wajib mengambil tindakan disiplin khusus dan menutup semua hubungan dengan anggota tim kami, yang sebelumnya, berkat kerja keras Dorna dan IRTA, gagal memalsukan tes PCR untuk akses ke paddock Sirkuit Misano untuk MotoGP Emilia Romagna."

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Avintia menyatakan bertanggung jawab penuh atas kejadian tersebut dan menanggung seluruh biaya yang dikenakan. Menurut mereka oknum mekanik ini ingin mengambil keuntungan dari situasi Covid-19.

"Perilaku tersebut tidak hanya merusak citra tim, tetapi juga seluruh paddock dan kejuaraan secara keseluruhan." Avintia melanjutkan pernyataan resminya tentang peristiwa tersebut.

"Kami ingin mengklarifikasi bahwa ini tanggung jawab setiap anggota tim untuk memasukkan akses mereka dan tes PCR pada platform online setiap sirkuit sesuai dengan pedoman yang, untuk alasan COVID-19, saat ini berlaku untuk akses ke paddock."

Live streaming MotoGP Emilia Romagna 2021 bisa disaksikan melalui CNNIndonesia.com. Sementara siaran langsung balapan akan disiarkan Trans7.

[Gambas:Video CNN]

(har/har)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER