Rapor Elkan Baggott Bersama Timnas Indonesia U-19

CNN Indonesia
Sabtu, 23 Oct 2021 17:59 WIB
Elkan Baggott diklaim Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan enggan membela Timnas Indonesia. Berikut Rapor Elkan Baggott bersama Timnas Indonesia U-19. Elkan Baggott disebut enggan kembali memperkuat Timnas Indonesia. (Dok. PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemain berdarah Indonesia yang berkarier di Inggris, Elkan Baggott, diklaim Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan enggan membela Timnas Indonesia. Berikut Rapor Elkan Baggott bersama Timnas Indonesia U-19.

Baggot sebelumnya membela Timnas Indonesia U-19 yang dipersiapkan tampil di Piala Dunia U-20 2020 pada 2019. Saat itu Baggott ikut menjalani pemusatan latihan di Kroasia dan melakoni dua laga uji coba.

Tercatat, pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae Yong telah menurunkan Baggott dalam dua pertandingan uji coba melawan Makedonia Utara U-19 di Kroasia.


Pada laga uji coba pertama melawan Makedonia Utara U-19 pada 11 Oktober 2020, Baggott menjadi starter di lini belakang Timnas U-19 dengan duet bersama Rizky Ridho.

Baggott bermain penuh selama 90 menit dan laga tersebut berakhir dengan skor 4-1 untuk kemenangan Timnas Indonesia U-19.

Tiga hari kemudian, Timnas Indonesia U-19 kembali menghadapi Makedonia Utara U-19 pada uji coba kedua di Kroasia.

Kali ini, Shin Tae Yong menduetkan Baggott dengan Komang Teguh di posisi starter lini belakang. Baggott juga dipercaya tampil penuh dalam pertandingan yang berakhir imbang 0-0 ini.

Dua pertandingan tersebut cukup membuat Shin Tae Yong terkesan dengan penampilan Elkan Baggott.

Posturnya yang tinggi menjulang dinilai menguntungkan bagi pertahanan Timnas Indonesia khususnya dalam duel udara. Baggott juga cukup ahli dalam membaca permainan lawan.

Usai membela Timnas Indonesia U-19, karier Baggott di klub cukup mulus. Baggott diganjar kontrak 2,5 tahun oleh Ipswich Town pada 28 Januari 2021. Namun, Baggott sempat dipinjamkan ke King's Lynn Town selama tiga bulan dan tampil sebanyak tujuh kali.

Nama Baggott belakangan ini menjadi sorotan publik karena tak masuk daftar untuk play off Kualifikasi Piala Asia 2023 dan Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan akhirnya buka suara dan mengklaim Baggott enggan membela Timnas Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Iriawan seusai bertemu Menpora Zainudin Amali membahas evaluasi Liga 1 dan Liga 2 2021/2022 di Kemenpora, Jumat (22/10). PSSI mengaku sudah menghubungi Baggott beberapa kali.

"Elkan Baggott itu sudah dihubungi beberapa kali tetapi tampaknya tidak ingin membela timnas kita. Kita sayangkan. Dulu waktu mau masuk U-19 ngejar-ngejar kita, tapi sekarang ditawari timnas yang ada, mereka tidak ada respon," kata Iriawan.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Lelaki yang akrab disapa Iwan Bule ini menyebut Baggott sepertinya ingin membela negara lain. Hal itu berdasarkan indikasi penolakan yang ditawarkan PSSI kepada pemain kelahiran Thailand tersebut.

"Kelihatannya begitu [memilih timnas negara lain] sudah beberapa kali kita kontak. Bahkan biometrik KTP kita fasilitasi waktu itu, dia tidak datang. Tidak masalah. Masih banyak pemain Indonesia lainnya," ucap Iriawan.

[Gambas:Video CNN]



(rhr/jal)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER