Hasil Drawing Piala Asia Wanita 2022: Indonesia vs Australia

CNN Indonesia
Kamis, 28 Oct 2021 14:30 WIB
Timnas Wanita Indonesia berjumpa dengan Australia di Piala Asia Wanita 2022 yang akan berlangsung di India pada 20 Januari hingga 6 Februari 2022. Ilustrasi Timnas Wanita Indonesia. (dok.pssi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Timnas Wanita Indonesia berjumpa dengan Australia di Piala Asia Wanita 2022 yang akan berlangsung di India pada 20 Januari hingga 6 Februari 2022 dalam drawing yang berlangsung pada Kamis (28/10).

Timnas Indonesia tergabung di Grup B bersama Filipina, Thailand, dan Australia. Pertandingan ini akan berlangsung di Stadion Mumbai Football Arena, Stadion DY Patil Mumbai, dan Shree Shiv Chhatrapati Sport Complex Pune.

Pertandingan Piala Asia Wanita 2022 sekaligus menjadi sarana kualifikasi Piala Dunia Wanita 2023 yang berlangsung di Selandia Baru dan Australia. Hanya lima tim terbaik yang akan melaju ke Piala Dunia Wanita 2023.


Dalam undian ini Indonesia menempati pot keempat karena menempati peringkat ke-96 FIFA. Selain itu Timnas Wanita Indonesia juga tidak punya rekam jejak yang mentereng dalam satu dekade terakhir.

Setelah absen 33 tahun dari ajang sepak bola wanita paling bergengsi di Asia tersebut, sejak terakhir kali tampil pada 1989, Timnas Wanita Indonesia akhirnya akan tampil kembali di Piala Asia Wanita.

Indonesia bisa tampil di ajang ini karena menjadi juara Grup C. Tim asuhan Rudy Eka Priyambada ini unggul dua kali lawan Singapura. Baiq Amiatun dan kawan-kawan unggul 1-0 pada leg pertama dan kedua.

Indonesia hanya dua kali bertanding setelah Irak dan Korea Utara mundur dari turnamen. Keduanya tak bisa tampil di Dushanbe, Tajikistan karena terhalang pandemi Covid-19 yang ketika itu masih tinggi.

Dalam ajang kejuaraan empat tahunan ini Indonesia sejatinya punya sejarah cukup positif. Dari empat kesempatan tampil, yaitu pada 1977, 1981, 1986, dan 1989, dua kali menembus semifinal.

Hasilnya Garuda Pertiwi dua kali meraih tempat keempat. Itu terjadi pada edisi 1977 dan 1986. Generasi Rukijah dan kawan-kawan memang sempat berjaya pada era 1970 hingga 1980 karena salah satunya ada kompetisi Galanita.

Hasil Undian Piala Asia Wanita 2022

Grup A

India
China
Taiwan
Iran

Grup B

Australia
Thailand
Filipina
Indonesia

Grup C

Jepang
Korea Selatan
Vietnam
Myanmar

[Gambas:Video CNN]

(abd/jal)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER