Gara-gara WSBK Mandalika, Pembalap Inggris Tolak Mundur dari Superbike

CNN Indonesia
Rabu, 24 Nov 2021 18:49 WIB
Tom Sykes menolak menyerah dari Superbike setelah tampil di WSBK Mandalika 2021 di Sirkuit Mandalika, 19-21 November. Tom Sykes masih ingin membalap di Superbike. (AFP/ANDREW YATES)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tom Sykes menolak menyerah dari Superbike setelah tampil di WSBK Mandalika 2021 di Sirkuit Mandalika, 19-21 November.

WSBK Mandalika jadi balapan terakhir Sykes bersama tim BMW Motorrad setelah kerja sama kedua pihak berakhir pada musim ini.

Sejauh ini Sykes belum mendapatkan tim baru untuk musim 2022 mendatang. Meski demikian, pembalap 36 tahun itu menolak menyerah dan ingin tetap tampil di Superbike.


Kepercayaan diri itu didapat Sykes usai finis ke-10 pada Race 1 WSBK Mandalika dan finis kelima pada Race 2 WSBK Mandalika.

"Ya, saya memiliki beberapa keterbatasan pada balapan kering, tetapi di balapan basah lagi, saya pikir [saya menunjukkan] potensi. Saya tahu bahwa potensi itu ada," ujar Sykes dikutip dari Motorsport.

Sejumlah pembalap memacu motornya dalam race 1 WorldSBK seri Indonesia 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11/2021). Dalam race tersebut pembalap tim Pata Yamaha With Brixx WorldSBK Toprak Razgatlioglu berhasil menjadi juara dunia WorldSBK 2021. (CNNIndonesia/Adi Ibrahim)Tom Sykes finis kelima pada Race 2 WSBK Mandalika. (CNNIndonesia/Adi Ibrahim)

"BMW bagus di kondisi basah? Jawaban sederhana: Saya pikir pengendara yang baik mampu mengatasi beberapa keterbatasan motor dan lebih dekat ke tempat yang pantas kita tuju," ucap Sykes menambahkan.

Pada WSBK Mandalika, Tom Sykes tidak saja finis kelima pada Race 2, tetapi juga menempati start keenam atau pada baris kedua balapan.

Sykes menilai pencapaiannnya tersebut cukup mengagumkan mengingat pembalap asal Inggris itu baru kembali dari cedera parah usai kecelakaan di WSBK Catalunya.

[Gambas:Video CNN]

Sejauh ini Sykes dikabarkan akan kembali ke British Superbike. Akan tetapi Visordown melaporkan, mantan pembalap Paul Bird Kawasaki itu juga berpotensi tampil di Motoamerica.

"Yang pasti saya akan [tetap] tampil di kejuaraan dunia, karena saya sudah di sini selama 13 tahun dan memiliki level terus berkarier [di sini]," kata Sykes.

"Tetapi ketika satu pintu tertutup, pintu lain terbuka dan ada hal lain yang terjadi di dunia dan saya akan melihat sedikit lebih jauh," tutur Sykes melanjutkan.



(sry/jun)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER