Bintang WSBK Bingung Sirkuit Mandalika Bisa Dibangun dengan Cepat

CNN Indonesia
Kamis, 02 Dec 2021 13:46 WIB
Juara dunia WSBK enam kali Jonathan Rea mengaku kagum Indonesia bisa membangun Sirkuit Mandalika untuk menggelar balapan WSBK Mandalika dalam waktu singkat. Jonathan Rea kagum Sirkuit Mandalika bisa dibangun dalam waktu singkat. (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Juara dunia WorldSBK (WSBK) enam kali Jonathan Rea mengaku kagum Indonesia bisa membangun Sirkuit Mandalika untuk menggelar balapan WSBK Mandalika dalam waktu singkat.

Sirkuit Mandalika sukses menggelar balapan seri terakhir WSBK 2021 pada 19-21 November lalu. Rea kalah dari Toprak Razgatlioglu dalam perebutan gelar juara dunia WSBK 2021 di WSBK Mandalika.

Dalam video yang dirilis melalui YouTube resmi Rea, pembalap asal Irlandia Utara terlihat kaget ketika kali pertama melihat Sirkuit Mandalika. Rea mengaku bingung Indonesia bisa membangun Sirkuit Mandalika dalam waktu singkat.


"Ini luar biasa. Lihat pitlane-nya, seperti Silverstone di F1. Bagaimana bisa mereka menyelesaikan sirkuit ini dalam waktu yang sebentar? Ini gila. Saya benar-benar terkesan," ujar Rea.

Dalam keterangan resmi pihak Kawasaki, Rea juga menyebut Sirkuit Mandalika merupakan gabungan dari sejumlah sirkuit ternama dunia, yakni Termas de Rio Hondo di Argentina, Donington di Inggris, dan Misano di San Marino.

"Treknya bagus, layout-nya bagus. Desainnya sangat bagus dan memiliki karakter yang berbeda. Tikungan terakhir agak mirip Termas Rio Hondo di Argentina. Tikungan 1 terasa hampir seperti Donington. Tikungan 2 ke 3 seperti versi kecil Sirkuit Misano," ucap Rea.

Sebelumnya pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku pengelola Sirkuit Mandalika mengatakan sirkuit dengan panjang 4,3 kilometer itu dibangun dalam 14 bulan sebelum menggelar balapan WSBK Mandalika.

Masih ada sejumlah kekurangan di Sirkuit Mandalika saat menggelar WSBK. Selain karena sistem drainase yang belum sempurna, sarana pendukung untuk penonton juga belum 100 persen selesai.

Semua masalah itu diharapkan sudah bisa diselesaikan sebelum Sirkuit Mandalika menggelar tes pramusim MotoGP 2022 pada Februari mendatang dan menggelar balapan MotoGP Indonesia pada Maret 2022.

[Gambas:Video CNN]

(har/har)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER