Piala AFF: Honda Turun Gunung demi Kamboja

CNN Indonesia
Sabtu, 04 Dec 2021 09:16 WIB
Keisuke Honda dikabarkan bakal mendampingi Kamboja yang berada satu grup dengan Timnas Indonesia di Piala AFF 2021 Keisuke Honda disebut bakal mendampingi timnas Kamboja secara langsung di Piala AFF 2021. (AFP/DIEGO MARANHAO)
Jakarta, CNN Indonesia --

Keisuke Honda dikabarkan bakal turun gunung. Lelaki asal Jepang yang pernah membela AC Milan itu dipastikan bisa mendampingi timnas Kamboja di Piala AFF 2021 (Piala AFF 2020) agar tampil garang.

Kamboja bergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Indonesia, dan Laos. Chan Vathanaka dan kawan-kawan sudah tiba di Singapura pada Kamis (2/12) dan mulai bersiap melawan Malaysia pada Senin (6/12).

Kepastian Honda akan mendampingi tim disampaikan asisten pelatih Kamboja, Phea Sopheaktra. Hanya saja tidak disebutkan kapan mantan pemain AC Milan tersebut akan bergabung dengan tim.


Sopheaktra menyampaikan persaingan Grup B yang cukup berat tak memadalmkan semangat Kamboja meraih hasil terbaik.

"Grup ini terdiri dari tim-tim kuat. Sebagai pelatih, kami akan mempelajari cara mereka bermain, teknik mereka, untuk mengalahkan beberapa tim terkuat di grup ini," katanya dilansir Khmertimeskh

"Kami akan menggunakan empat hari tersisa untuk berlatih dan mempersiapkan diri untuk pertandingan. Kami akan mencoba untuk melakukan yang lebih baik selama pertandingan," ujar Sopheaktra.

Selama masa persiapan menuju Piala AFF Honda memantau latihan tim secara virtual. Rekannya, Ryu Hirose, memimpin latihan bersama Sopheaktra. Kendati demikian materi latihan berasal dari Honda.

Sebelum Piala AFF Kamboja menang dua kali atas Guam dalam pertandingan play off Kualifikasi Piala Asia 2023. Dalam dua laga itu Honda tak mendampingi tim secara langsung.

Pada Oktober itu Honda memilih mendampingi tim U-23 yang tampil di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Meski tak lolos ke putaran final, Kamboja U-23 mengalahkan Hong Kong dengan skor 4-2.

Tak heran jika Honda membawa 16 pemain jebolan U-23 ke Piala AFF 2021. Tenaga muda ini diharapkan bisa memberi daya ekstra untuk bersaing dengan Vietnam, Malaysia, dan Indonesia yang lebih diunggulkan.

Salah satu pemain kunci Kamboja U-23 yang sangat diandalkan Honda adalah Sieng Chanthea. Pemain 19 tahun ini melesakkan dua gol saat melawan Hong Kong dan punya koleksi satu gol di tim senior.

Banner Testimoni

Skuad Kamboja di Piala AFF 2021

Kiper: Keo Soksela, Hul Kimhuy, Vireak Dara

Belakang: Soeuy Visal, Cheng Meng, Sath Rosib, Sareth Krya, Ken Chansopheak, Tes Sambath, Yue Safy, Sor Rotana, Soeuth Nava, Chan Sarapich

Tengah: Kouch Sokumpheak, Sos Suhana, Chrerng Polroth, Orn Chanpolin, Brak Thiva, Lim Pisoth, Min Ratanak, Choun Chanchav, Ean Pisey, Sin Sovannmakara

Depan: Prak Mony Udom, Keo Sokpheng, Chan Vathanaka, Sieng Chanthea, Leng Nora, Nhean Sosidan, Sa Ty

[Gambas:Video CNN]

(nva/jal)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER